Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Usulan Kabinetrakyat, Jokowi: Ada yang Cocok dan Tidak Pas

Menurut pria yang karib disapa Jokowi tersebut, ada nama-nama yang cocok. Tapi, ada pula yang dirasa belum pantas.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Usulan Kabinetrakyat, Jokowi: Ada yang Cocok dan Tidak Pas
Tribunnews/Herudin
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla bersama Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, Ketua Rumah Transisi, Rini Soemarno, dan Ketua Fraksi PKB DPR RI, Marwan Jafar menggelar jumpa pers usai rapat bersama di Rumah Transisi Jokowi-JK, di Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014). Rapat bersama Jokowi-JK pertama kalinya di rumah transisi ini beragendakan rapat bersama fraksi-fraksi partai koalisi pendukung, antara lain PDIP, PKB, dan Hanura. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden terpilih 2014-2019 Joko Widodo menyebutkan usulan nama menteri yang digagas kabinetrakyat.org bakal menjadi masukan dalam kabinetnya kelak.

Menurut pria yang karib disapa Jokowi tersebut, ada nama-nama yang cocok. Tapi, ada pula yang dirasa belum pantas.

"Memberikan usulan kepada kita dan saya buka banyak juga yang baik-baik dan ada juga yang ndak pas," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Sayang, dirinya tak menjelaskan siapa nama calon menteri yang dinilai kurang cocok tersebut. "Ndak usah saya sebutkan lah," katanya.

Sebelumnya, relawan di www.kabinetrakyat.org menyerahkan 42 nama kandidat nama menteri dan kepala lembaga negara kepada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi pertimbangan kabinetnya nanti. Mereka pun menyerahkan nama-nama tersebut ke Jokowi.

Diberitakan, www.kabinetrakyat.org juga mengusulkan nama-nama calon menteri yang dianggap oleh rakyat layak untuk duduk di kabinet pemerintahan.

"www.kabinetrakyat.org merupakan upaya kami sebagai bagian dari masyarakat dengan latar belakang beragam--relawan, aktivis, jurnalis, pengacara, buruh, pedagang,pegawai negeri, petani, politisi, praktisi IT, tokoh agama dan mahasiswa ---untuk mewujudkan Kabinet Rakyat seutuhnya, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat!" Demikian tertulis dalam laman tersebut.

BERITA TERKAIT

Dalam lamannya, www.kabinetrakyat.org memunculkan ama-nama yang menurut pengelola muncul hasil dari diskusi bersama jurnalis, pengamat, akademisi, aktivis, teknokrat, politisi dan dan masukan yang langsung diberikan oleh rakyat dimanapun berada, apapun profesi, agama dan sukunya.

Dijelaskan pula, nama-nama menteri sebagai masukan untuk kabinet Jokowi diharapkan berpijak pada kriteria-kriteria. Yakni, tidak pernah terlibat korupsi, bukan pelanggar HAM, profesional di bidangnya sesuai dengan visi misi Jokowi-JK, dan bukan perusak lingkungan hidup.

Selain itu, kriteria menghargai kebhinekaan, memiliki leadership (kepemimpinan) yang kuat
memiliki kompetensi yang baik secara manajerial, mengerti manajemen administrasi pemerintahan
mempunyai catatan (rekam jejak) yang baik dan mau melayani.

Berikut susunan usulan kabinet Jokowi-JK menurut www.kabinetrakyat.org, di antaranya:

1. MENTERI KOORDINATOR POLITIK HUKUM DAN KEAMANAN

Jenderal TNI Budiman
Jendral TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, MPA
Jenderal (purn) TNI Ryamizard Racudu

2. MENTERI KOORDINATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas