Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Kompetensi Guru dan Minat Siswa di Bidang STEM, Kemendikbud Jalin Kerja Sama dengan Casio

Kemendikbud menyambut baik kepedulian Casio Computer Co.,Ltd. pada pengembangan kompentensi guru matematika

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tingkatkan Kompetensi Guru dan Minat Siswa di Bidang STEM, Kemendikbud Jalin Kerja Sama dengan Casio
Reza Deni/Tribunnews.com
Penandatangan kemitraan antara Kemendikbud dengan Casio yang ditandatangani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dan Executive Vice President Casio Computer Co, Ltd Hiroshi Nakamura di kantor Kemendikbud, Senayan Jakarta, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menandatangani kerja sama dengan perusahaan Casio Computer Co, Ltd.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi dengan Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer, Hiroshi Nakamura di kantor Kemendikbud, Senayan Jakarta, hari ini Kamis (27/9/2018).

Mendikbud Muhadjir Effendi mengatakan perjanjian kerja sama itu dilakukan guna meningkatakan kompetensi guru mengembangkan minat dan kompetensi peserta didik dalam bidang sains, teknologi, kerekayasaan, dan matematika (STEM).

Mendikbud Muhadjir Effendy dan Executive Vice President Casio Computer
Penandatangan kemitraan antara Kemendikbud dengan Casio yang ditandatangani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dan Executive Vice President Casio Computer Co, Ltd Hiroshi Nakamura di kantor Kemendikbud, Senayan Jakarta, Kamis (27/9/2018).

"Dunia ini terus berubah, teknologi berkembang cepat, sehingga kami harus mempersiapkan pelajar Indonesia dalam menghadapi persaingan di masa depan," ujarnya di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Dalam kerja sama tersebut, juga dilakukan upaya peningkatan minat melalui kegiatan praktik kerja industri, kunjungan belajar, dan pelatihan, serta pengembangan perangkat kurikulum, metode pembelajaran, dan bahan ajar yang didukung teknologi kalkulator saintifik.

"Kami akan mengirim siswa-siswa SMK untuk magang di beberapa perusahaan industri yang ada di bawah Casio, dan kali ini kami kirim ke Thailand," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Sebagai bentuk percontohan awal, kata Muhadjir, siswa yang akan magang jumlahnya 20 siswa dari SMK seluruh wilayah di Indonesia.

"Target kami untuk siswa lebih dari 2 ribu," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Tak hanya itu, Muhadjir mengatakan para pendidik pun juga akan diberlakukan hal serupa.

"Kita ingin tidak hanya siswanya yang menguasai teknologi, tapi kiga gurunya. Jangan sampai siswanya mengusai, tapi gurunya tidak," imbuhnya.

Sementara itu, Hiroshi Nakamura berujar kerja sama dengan Kemendikbud rencananya dilakukan dalam jangka waktu lima tahun.

"Tapi karena sambutan yang begitu besar dari Kemendikbud, kami ingin ke depannya melanjutkan tanpa ada batas," kata Hiroshima.

Tingkatkan Kompetensi Guru Matematika

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas