Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seputar Akuntansi dan Pembukuan: Dari Pengertian, Perbedaan, Hingga Tujuan

Di balik keterkaitan kedua istilah ini mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Akan tetapi, perbedaan akuntansi dan pembukuan kerap tidak disadari

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Seputar Akuntansi dan Pembukuan: Dari Pengertian, Perbedaan, Hingga Tujuan
Freepik.com/via Tribun Medan
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Akuntansi dan pembukuan merupakan dua istilah yang sering ditemukan dalam pengelolaan perusahaan.

masih banyak yang menganggap bahwa kedua istilah ini merupakan hal yang serupa. Tidak mengherankan karena memang keduanya saling berkaitan dan sama-sama penting dalam keuangan suatu perusahaan.

Pembukuan adalah langkah awal dari kegiatan akuntansi, dan bisa dikatakan sebagai landasan dasar dalam proses akuntansi. Jika dilakukan dengan benar, maka kegiatan akuntansi akan berjalan dengan baik.

Namun, di balik keterkaitan tersebut kedua istilah ini mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Akan tetapi, perbedaan akuntansi dan pembukuan kerap kali tidak disadari oleh pemilik bisnis.

Padahal, apabila dipelajari lagi secara mendalam, perbedaan pembukuan dan akuntansi sudah dapat dilihat bahkan dari pengertiannya. Untuk menjelaskan perbedaan akuntansi dan pembukuan, Jurnal membaginya ke dalam beberapa kategori sebagai berikut.

Pengertian Pembukuan dan Akuntansi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan akuntansi dan pembukuan telah tampak bahkan dari pengertian masing-masing istilah.

BERITA TERKAIT

Akuntansi adalah suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya.

Individu yang bertanggungjawab terhadap proses ini disebutakuntan. Konsep akuntansi ini mempunyai pengertian yang lebih luas dibandingkan pembukuan yang adalah tahap mencatat dalam proses akuntansi.

Pembukuan mengacu pada aspek penyimpanan catatan akuntansi, dan ini mencakup semua informasi mengenai transaksi dan aktivitas keuangan suatu bisnis. Dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa pembukuan merupakan bagian dari akuntansi itu sendiri.

Tujuan Akuntansi dan Pembukuan

Proses akuntansi menyediakan berbagai laporan yang dapat menyatukan indikator utama keuangan untuk menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang profitabilitas aktual, dan kesadaran akan arus kas dalam bisnis.

Informasi ini didapatkan dari pembukuan yang memang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pendapatan dan pengeluaran pada akhir periode akuntansi.

Oleh karena itu di dalam pembukuan, Anda harus mencatat setiap transaksi bisnis seperti kas, barang, penjualan dan pembelian.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas