Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Seputar Akuntansi dan Pembukuan: Dari Pengertian, Perbedaan, Hingga Tujuan

Di balik keterkaitan kedua istilah ini mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Akan tetapi, perbedaan akuntansi dan pembukuan kerap tidak disadari

Seputar Akuntansi dan Pembukuan: Dari Pengertian, Perbedaan, Hingga Tujuan
Freepik.com/via Tribun Medan
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Akuntansi dan pembukuan merupakan dua istilah yang sering ditemukan dalam pengelolaan perusahaan.

masih banyak yang menganggap bahwa kedua istilah ini merupakan hal yang serupa. Tidak mengherankan karena memang keduanya saling berkaitan dan sama-sama penting dalam keuangan suatu perusahaan.

Pembukuan adalah langkah awal dari kegiatan akuntansi, dan bisa dikatakan sebagai landasan dasar dalam proses akuntansi. Jika dilakukan dengan benar, maka kegiatan akuntansi akan berjalan dengan baik.

Namun, di balik keterkaitan tersebut kedua istilah ini mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Akan tetapi, perbedaan akuntansi dan pembukuan kerap kali tidak disadari oleh pemilik bisnis.

Padahal, apabila dipelajari lagi secara mendalam, perbedaan pembukuan dan akuntansi sudah dapat dilihat bahkan dari pengertiannya. Untuk menjelaskan perbedaan akuntansi dan pembukuan, Jurnal membaginya ke dalam beberapa kategori sebagai berikut.

Pengertian Pembukuan dan Akuntansi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan akuntansi dan pembukuan telah tampak bahkan dari pengertian masing-masing istilah.

Akuntansi adalah suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya.

Individu yang bertanggungjawab terhadap proses ini disebutakuntan. Konsep akuntansi ini mempunyai pengertian yang lebih luas dibandingkan pembukuan yang adalah tahap mencatat dalam proses akuntansi.

Pembukuan mengacu pada aspek penyimpanan catatan akuntansi, dan ini mencakup semua informasi mengenai transaksi dan aktivitas keuangan suatu bisnis. Dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa pembukuan merupakan bagian dari akuntansi itu sendiri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas