Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Guru Kreatif, Guru Masa Kini di Era Industri 4.0

Kurikulum, Guru, dan Pembelajaran jadi variabel utama, maka peran guru adalah sentral-nya. Perannya tidak tergantikan

Guru Kreatif, Guru Masa Kini di Era Industri 4.0
HO/Istimewa
(Ki-Ka) Didih Hartaya, Kepala Bidang PTK, M. Sulaeman, Kepala Bidang SD dan PKLK, Fernando Uffie, Country Manager PT Extramarks Education Indonesia, Syaefuloh Hidayat, PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Husin, Kepala Bidang SMP dan SMA, Ida Nurbani, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas dan Komite Sekolah, Budianto, Kepala P2KPTK2 Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKelas Pintar, sebuah solusi belajar online kembangan Extramarks Education Indonesia, menggelar workshop bertema "Guru Kreatif, Guru Masa Kinidi Era Industri 4.0", bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Senin (25/11/2019).

Workshop yang digelar dalam rangka memperingati hari guru ini jadi salah satu bentuk komitmen Kelas Pintar dalam usahanya memangkas disparitas pendidikan berkuallitas melalui teknologi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ida Nurbani, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas dan komite sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Ida Nurbani menyebutkan Guru memiliki posisi paling strategis. Namun bila posisi itu tidak berfungsi secara maksimal maka bisa berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.

"Mengingat begitu pentingnya peran guru, maka perlu dicarikan strategi atau semacam cara khusus agar guru benar-benar bisa berfungsi dengan semestinya sesuai dengan era nya saat ini,” katanya. 

Hadir pula Bunda Lucy Santioso, seorang psikologi anak yang membahas tentang pentingnya guru untuk memperhatikan karakter siswa agar apa yang dipelajari di sekolah mudah dipahami dan siswa pun dapat belajar dengan fun.

Acaranya dibuka Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Education Indonesia. Pada kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Uffie ini menegaskan tentang peran penting guru yang tidak mungkin tergantikan oleh teknologi.

"Dalam proses pendidikan di sekolah, dimana Kurikulum, Guru, dan Pembelajaran jadi variabel utama, maka peran guru adalah sentral-nya. Perannya tidak tergantikan. Teknologi hadir untuk meng-empower peran Guru agar bisa men-deliver Kurikulum kepada siswa secara maksimal," jelas Uffie.

Menurutnya, kehadiran teknologi untuk menguatkan peran guru adalah sebuah keniscayaan. Terlebih di era industri 4.0 dimana guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar mengajar.

Sementara di sisi lain, guru punya rutinitas padat, mulai dari membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang cukup menyita waktu guru sebelum mengajar, membuat soal, memeriksa pekerjaan rumah, memeriksa hasil ujian, sampai perlu memasukan nilai di rapor.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas