Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia Menanti Nahkoda Baru

Kongres tersebut memuat agenda pemilihan Koordinator PPI Dunia untuk periode 2020/2021

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia Menanti Nahkoda Baru
Istimewa
Simposium internasional PPI Dunia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPID) menggelar simposium internasional mulai 15 hingga 30 Agustus 2020 mendatang.

Jika biasanya agenda tahunan PPI Dunia tersebut digelar di berbagai negara, maka tahun ini pelaksanaan rangkaian kegiatan simposium berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Koordinator PPI Se-Dunia Periode 2019-2020, Fadlan Muzakki, Selasa, (18/8/2020) mengatakan, tahun ini, Simposium PPI akan diadakan secara online karena kondisi pandemi Covid-19.

“Mempertimbangkan kondisi akibat pandemi Covid-19, Simposium Internasional PPI Dunia yang mulanya direncanakan untuk dilaksanakan di Guangzhou, Tiongkok, akan dilaksanakan secara daring," ungkapnya.

Tema yang diangkat adalah “Peran Generasi Muda dalam Kebangkitan Nasional Pasca Pandemi Covid-19.”

Merujuk ke salah satu keputusan Simposium Internasional di Malaysia 2019 lalu, seharusnya tuan rumah agenda tersebut tahun ini adalah PPI Tiongkok, di Kota Guangzhou.

Baca: PPI Jepang Selenggarakan Assign 2020, Angkat Isu Kesehatan dan Ketahanan Mental

BERITA TERKAIT

Namun, pihak panitia telah melakukan penyesuaian dan menyiapkan semua skema acara untuk dilaksanakan secara online.

Salah satu rangkaian kegiatan Simposium Internasional adalah Kongres Internasional yang khusus dapat dihadiri delegasi utama dari PPI Negara.

Kongres tersebut memuat agenda pemilihan Koordinator PPI Dunia untuk periode 2020/2021 sebagai nakhoda yang akan memimpin kepengurusan organisasi kemahasiswaan Indonesia di luar negeri.

Pendaftaran calon Koordinator PPI Dunia telah dibuka sejak hari Minggu, 2 Agustus lalu hingga Sabtu, 8 Agustus 2020. Sejauh ini, para pelaksana agenda Pemira telah mengonsepkan mekanisme musyawarah mufakat dan pemilihan secara online.

Sehingga, diharapkan partisipasi aktif dari berbagai PPI Negara untuk menyukseskan pesta demokrasi PPI walau dalam suasana baru seperti ini. Adapun dua nama calon Koordinator PPI Dunia untuk periode 2020/2021 adalah Choirul Anam dari PPI Ceko dan Irhamni Rofiun dari PPI Tunisia.

Rangkaian kegiatan Simposium Internasional akan diikuti oleh peserta dari 57 PPI Negara yang saat ini terafiliasi dengan PPI Dunia yang tidak lain adalah mahasiswa Indonesia di berbagai negara, mahasiswa Indonesia yang berkuliah di dalam negeri, serta perwakilan organisasi dan komunitas kepemudaan.

Baca: Warga Setempat Tolak Kapal Pesiar dari Australia Berlabuh di PPI Bontobahari Bulukumba Sulsel

Setelah pendaftaran delegasi ditutup per 13 Agustus 2020 kemarin, sebanyak 1.122 peserta telah terdaftar. Untuk delegasi yang tidak sempat mendaftar dapat tetap menyaksikan rangkaian simposium yang akan disiarkan langsung melalui media PPI Dunia di kanal Youtube PPI Dunia Channel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas