Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 116, 117, dan 118 Subtema 3 Pembelajaran 2

Berikut pembahasan kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 4: tentang Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia halaman 116, 117, dan 118.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 116, 117, dan 118 Subtema 3 Pembelajaran 2
istimewa
Ilustrasi - Berikut pembahasan kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 4: tentang Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia halaman 116, 117, dan 118. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak soal dan pembahasan kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 9: Subtema 3, halaman 116, 117, dan 118 berikut ini.

Buku Tematik untuk kelas 4 SD/MI tema 9 mengulas materi tentang Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.

Buku Tema 9 Kelas 4 yang dibahas berikut ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Berikut kunci jawaban dan pembahasan materi pembelajaran 2 buku tematik kelas 4 tentang fakta tentang Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.

ilustrasi Belajar dari Rumah
ilustrasi Belajar dari Rumah. (Freepik)

Kunci Jawaban Halaman 116

Ayo Membaca

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

BERITA REKOMENDASI

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut.

Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas