Tribun

Buku Tematik

Kunci Jawaban Buku Tematik SD Kelas 6 Tema 7 Halaman 33, 34, 35, 36 Subtema 1 Pembelajaran 4

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Buku Tematik tema 7 kelas 6: tentang Pemimpin di Sekitarku halaman 33, 34, 35, dan 36.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kunci Jawaban Buku Tematik SD Kelas 6 Tema 7 Halaman 33, 34, 35, 36 Subtema 1 Pembelajaran 4
Tangkap layar kemdikbud.go.id
Ilustrasi - Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Buku Tematik tema 7 kelas 6: tentang Pemimpin di Sekitarku halaman 33, 34, 35, dan 36. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak pembahasan soal dan kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 7: Subtema 1, halaman 33, 34, 35, dan 36 berikut ini.

Buku Tematik untuk kelas 6 SD/MI tema 7 ini mengambil judul mengenai Kepemimpinan.

Buku Tema 7 Kelas 6 yang dibahas berikut ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Berikut kunci jawaban dan pembahasan materi pembelajaran 4 buku tematik kelas 6.

ilustrasi Belajar dari Rumah
ilustrasi Belajar dari Rumah (Freepik)

Kunci Jawaban Halaman 33

Ayo Membaca

Bacalah bacaan berikut.

Hebatnya Dokter Kami

Ia adalah Dokter Rana, seorang dokter muda yang sederhana dan terampil. Ayahnya adalah mantan kepala desa kami yang telah meninggal dunia. Dokter Rana baru kembali ke desa kami dua tahun yang lalu, setelah sepuluh tahun lebih merantau ke ibukota.

Ia memperoleh beasiswa di Fakultas Kedokteran dan setelah lulus ia praktik di Rumah Sakit Umum Kabupaten.

Semenjak ia pulang dan praktik di balai kesehatan desa, aku sering mendengar perbincangan warga yang heran atas keputusan Dokter Rana untuk kembali ke desa. Bukankah penghasilan sebagai dokter di kota jauh lebih besar?

Kepada ayahku, Dokter Rana bercerita bahwa cita-citanya menjadi dokter dulu muncul karena melihat kesadaran hidup sehat masyarakat desa yang sangat rendah. Sungai dipakai untuk mandi, mencuci, dan membuang hajat, lalu airnya dikonsumsi.

Hasil bumi dan peternakan tidak dimanfaatkan untuk membentuk pola makan sehat. Warga lebih suka menjualnya ke kota dan uangnya digunakan untuk membeli makanan instan.

Selama praktik di kota, Dokter Rana terbayang terus kondisi desanya. Ia merasa bahwa seharusnya ilmu yang dimilikinya sebagai seorang dokter dapat bermanfaat untuk kampung halamannya sendiri.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas