Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Halaman 116 117 118 Subtema 3 Pembelajaran 2 Buku Tematik SD

Berikut soal dan jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 4: tentang Kayanya Negeriku halaman 116, 117, dan 118 subtema 3 pembelajaran 2.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Halaman 116 117 118 Subtema 3 Pembelajaran 2 Buku Tematik SD
Pexels.com/RF._.studio
Ilustrasi belajar - soal dan jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 4: tentang Kayanya Negeriku halaman 116, 117, dan 118 subtema 3 pembelajaran 2. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut jawaban buku tematik kelas 4 tema 9 halaman 116, 117, dan 118.

Buku Tematik kelas 4 SD/MI tema 9 berjudul Kayanya Negeriku.

Kunci jawaban kali ini merupakan jawaban dari soal buku tematik Subtema 3 pembelajaran 2.

Pada Subtema 3 buku tematik kelas 4 mengulas tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Buku Tematik Hal 119 121 122 123 124: Usaha Pelestarian Lingkungan

ilustrasi Belajar dari Rumah
ilustrasi Belajar dari Rumah (Freepik)

Kunci Jawaban Halaman 116

Wah, bangsa Indonesia benar-benar kaya, ya? Benar sekali, kekayaan itu harus bisa dimanfaatkan untuk pembangunan bangsa. Lalu, bagaimanakah caranya? Caranya dengan mengembangkan sikap dan perilaku yang selaras dengan lingkungan.

Ayo Membaca

BERITA REKOMENDASI

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Buku tematik kelas 4 tema 9 halaman 116
Buku tematik kelas 4 tema 9 halaman 116

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut.

Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas