Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rektor UI: Tanggung Jawab Utama Pendidikan Persiapkan Generasi Milenial Manfaatkan Bonus Demografi

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan pendidikan tetap dapat mengantarkan bangsa ini mewujudkan cita-citanya ketika sedang menghada

Rektor UI: Tanggung Jawab Utama Pendidikan Persiapkan Generasi Milenial Manfaatkan Bonus Demografi
screenshot
Rektor UI: Tanggung Jawab Utama Pendidikan Persiapkan Generasi Milenial untuk Manfaatkan Bonus Demografi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan pendidikan tetap dapat mengantarkan bangsa ini mewujudkan cita-citanya ketika sedang menghadapi tantangan seperti saat ini.  

Kini Indonesia sedang menghadapi tantangan di tengah krisis pandemi Covid-19.

Menurut dia, kondisi ini, menjadi titik tolak atau momentum kemajuan dalam pembangunan diri untuk kemajuan bangsa.

"Kondisi tersebut bisa menjadi pemantik bencana bari kalau kita tidak antisipatif dan menyiapkan diri sebaik-baiknya," ujar Ari Kuncoro dalam webinar Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) series seri ke-3 dengan tema "Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan," pada Rabu (2/6/2021).

Dia mengatakan Indonesia tengah menghadapi tantangan lain dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta kecerdasaran buatan pada satu sisi, dan bonus demograsi yang akan mencapai puncaknya pada 2030.

"Kegagalan untuk menguasai teknologi tidak hanya akan mengakibatkan kita tertinggal atau tergantung pada bangsa lain. Kegagalan penguasaan teknologi secara paripurna juga menyebabkan kita menjadi rentan terhadap arus berita palsu atau hoaks, pikiran kita akan dikuasai oleh post-truth," jelasnya.

“Kegagalan akan teknologi bisa berkorelasi dengan lahirnya kemiskinan di bidang literasi informasi karena literasi informasi tidak dapat dilepaskan dari penguasaan atas teknologi informasi. Di sinilah pendidikan jelas memikul tanggung jawab utama,” tegasnya.

Baca juga: MWA UI Gelar Webinar Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan

Tanggung jawab utama Pendidikan itu kata dia, bagaimana mempersiapkan generasi milenial untuk bisa memanfaatkan bonus demografi secara optimal untuk mewujudkan suatu lompatan jauh ke depan bagi bangsa ini.

“Bonus demografi baru akan menjadi bonus, jika anak-anak muda kita memiliki kemampuan inovatif, kritis dan kreatif serta memiliki daya saing tinggi,” jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas