Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

HP Indonesia dan PJI Akrabkan Siswa SD dengan Sainstek Lewat Program STEM Education for Children

Upaya mendorong minat siswa pada STEM diperlukan mengingat 85 juta pekerjaan diganti teknologi automasi di 2025 berdasar prediksi World Economic Forum

HP Indonesia dan PJI Akrabkan Siswa SD dengan Sainstek Lewat Program STEM Education for Children
dok.
Program STEM Education for Children bersama siswa dan guru SDN Lenteng Agung 01 Jakarta dan SDN Pepelegi 2 Sidoarjo. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai bagian dari kampanye tahunan HP 40 Days of Doing Good, HP Inc. Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan STEM Education for Children untuk 50 pelajar dan 10 guru dari SDN Lenteng Agung 01 Jakarta dan SDN Pepelegi 2 Sidoarjo.

Program edukasi ini diharapkan dapat mendukung para pelajar dalam menumbuhkan minat pada bidang Science Technology Engineering Math (STEM) dan mengasah keterampilan abad 21 sejak dini.

Upaya mendorong minat siswa pada STEM diperlukan mengingat 85 juta pekerjaan kelak akan digantikan oleh teknologi automasi di 2025 berdasar prediksi World Economic Forum dalam laporan The Future of Jobs Report 2020.

Laporan ini juga menyebutkan, 97 juta peran baru akan muncul dengan pembagian kerja baru antara manusia, mesin, dan algoritma. Situasi ini mengindikasikan pekerjaan masa depan membutuhkan sumber daya manusia yang kapabel dalam bidang STEM dan terampil berpikir kritis.

Sementara, Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 dari OECD menunjukkan nilai kompetensi matematika pelajar Indonesia hanya menempati peringkat 72 dari 78 negara dan di peringkat 70 dari 78 negara untuk bidang sains.

Nilai di kedua kategori tersebut masih di bawah rata-rata dunia dan cenderung stagnan selama 10-15 tahun terakhir.

Fiona Lee, Managing Director, HP Indonesia mengatakan, program STEM Education for Children merupakan yang terbaru dari serangkaian inisiatif pendidikan yang diluncurkan HP di Indonesia seperti program HP LIFE dan Tech Hubs yang membawa pengalaman teknologi serta pembelajaran ke daerah terpencil untuk mendorong kesetaraan digital yang lebih baik.

Baca juga: Belajar Online Tetap Jadi Alternatif Pendidikan Masa Depan

"Melalui STEM Education for Children, kami ingin membangkitkan antusiasme para pelajar terhadap STEM dan mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan," ungkap Fiona Lee, Jumat (4/6/2021).

Dia menjelaskan, keterlibatan siswa dalam eksperimen di program ini diharapkan dapat menginspirasi untuk menikmati pembuatan karya melalui teknologi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas