Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rektor UNJ Dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Evaluasi Pembelajaran PPKN

Prof Dr Komarudin dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap UNJ Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

Rektor UNJ Dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Evaluasi Pembelajaran PPKN
istimewa
Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Komarudin dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap UNJ Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Komarudin dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap UNJ Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Pada Pengukuhan Guru Besar Tetap UNJ,  Komarudin menyampaikan Orasi Ilmiahnya dengan judul "Toleransi Sosial: Persemaian dan Pengukurannya dalam Pembelajaran PPKn".

"Substansi orasi ilmiah ini merupakan sintesis antara pengalaman Tridharma Pendidikan Tinggi," ucap Komarudin melalui keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Khususnya penelitian-penelitian yang Komarudin geluti dengan diskursus teori tentang evaluasi pembelajaran domain afektif, khususnya tentang toleransi sosial.

Baca juga: Bukan Ditunda, Guru Besar FH Unpad Sarankan Pelantikan Pegawai KPK Jadi ASN Dibatalkan

Dari orasi ilmiahnya, Komarudin menyampaikan sintesis tiga novelty atau kebaruan yang diperoleh dari hasil kajiannya.

Tiga hal tersebut adalah yang temuan konstruk dimensi dan indikator toleransi sosial. Kedua instrumen baku pengukur toleransi sosial dan ketiga aplikasi pengolahan data untuk mengukur indeks toleransi sosial.

Baca juga: Indra Brugman Jalin Kedekatan dengan Cita Citata? Begini Pengakuan Keduanya

Selain Komarudin, beberapa Guru Besar Tetap UNJ juga akan dikukuhkan. Dari tahun 2020 hingga 2021 UNJ bertambah guru besarnya sebanyak 22 dosen.

Bertambahnya Guru Besar Tetap UNJ tentu membawa harapan besar bagi UNJ.

Adapun 22 Guru Besar Tetap UNJ tersebut diantaranya, adalah Durotul Yatimah, Awaluddin, Harya Kuncara Wiralaga, Sunaryo, Widiastuti, Mangasi Alion Marpaung, Muktiningsih, Etin Solihatin, dan I Ketut R Sudiarditha.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas