Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mengenal Seni Rupa Terapan, Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Simak inilah pembahasan mengenai pengertian seni rupa terapan, lengkap beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Mengenal Seni Rupa Terapan, Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) Paulus Pangka mengamati sejumlah lukisan dari limbah kulit bawang putih karya murid SMP N 1 Semarang saat pemecahan rekor LEPRID pameran 1.001 lukisan tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/3/2021). Ini pembahasan mengenai pengertian seni rupa terapan, lengkap beserta fungsi dan jenis-jenisnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini pengertian seni rupa terapan, lengkap beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Karya seni rupa terapan disebut juga karya seni rupa aplikatif, yakni karya seni rupa yang telah diterapkan atau diaplikasikan pada bentuk-bentuk fungsional.

Bentuk fungsional tersebut merupakan segala bentuk yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Baca juga: Mendorong Industri Batik Tulis dan Lurik di Masa Pandemi

Baca juga: Lukisan Gua Tertua di Dunia Ada di Sulawesi, Ada Gambar Tiga Ekor Babi Kutil di Leang Tedongnge

Fungsi karya seni dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi aplikasi.

Karya seni dikatakan berfungsi estetis jika karya seni tersebut sengaja dibuat untuk dinikmati keindahannya saja, misalnya lukisan-lukisan dan patung-patung tanah liat.

Sebaliknya, suatu karya seni dikatakan berfungsi aplikasi jika karya seni tersebut sengaja dibuat untuk digunakan atau difungsikan sebagai alat, wadah, pakaian, perhiasan, atau hiasan bangunan.

Pengunjung saat melihat-lihat pameran seni rupa InterCov-19 dengan mengangkat tema Creative Freedom to The Heal the Nation (Artists Respond To Pandemic) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2020). Pameran ini diikuti kurang lebih 200 karya seni meliputi hasil seni lukis, seni grafis, dan seni patung, foto digital dan lain-lain. Pameran ini merupakan bentuk dukungan Perpusnas untuk mendukung langkah seniman agar kembali bangkit akibat terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dengan tetap menghasilkan suatu karya yang memberikan pesan moral positif. Tribunnews/Jeprima
Pengunjung saat melihat-lihat pameran seni rupa InterCov-19 dengan mengangkat tema Creative Freedom to The Heal the Nation (Artists Respond To Pandemic) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2020). Pameran ini diikuti kurang lebih 200 karya seni meliputi hasil seni lukis, seni grafis, dan seni patung, foto digital dan lain-lain. Pameran ini merupakan bentuk dukungan Perpusnas untuk mendukung langkah seniman agar kembali bangkit akibat terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dengan tetap menghasilkan suatu karya yang memberikan pesan moral positif. (Tribunnews/JEPRIMA)

Jenis-jenis Karya Seni Rupa Terapan

1. Karya Seni Keramik

Karya keramik dalam bentuk seni terapan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk karya seni keramik terapan di antaranya berupa perlengkapan makan dan minum, guci, peralatan memasak, serta hiasan bangunan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas