Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blended Learning: Solusi Menjawab Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi

Blended learning adalah sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online yang cocok diterapkan di masa pandemi Covid-19.

Blended Learning: Solusi Menjawab Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi
www.viewsonic.com
Blended learning adalah sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online yang cocok diterapkan di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM - Satu tahun sudah pandemi Covid-19 melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020, hingga kini terus mengalami peningkatan.

Akibat adanya pandemi Covid-19 ini, pemerintah menerbitkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 21/2020.

Upaya menghindari penyebaran Covid-19 dengan jaga jarak fisik atau social distancing ini tentu saja menimbulkan perubahan di berbagai bidang, tak terkecuali pendidikan.

Regulasi baru di bidang pendidikan diatur dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Coronavirus Disease (Covid 19).

Baca juga: Inovasi Podcast Library untuk Menarik Budaya Literasi Siswa

Baca juga: Aplikasi Learning Management System Bantu Guru dan Siswa Mendigitalisasi Proses Belajar-Mengajar

Pelaksanaan pendidikan di Indonesia pada masa pandemi dilaksanakan dengan sistem belajar dari rumah atau pembalajaran dalam jaringan (daring).

Pembelajaran daring merupakan hal baru sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi guru sebagai pengelola pembelajaran.

Sebagai pengelola pembelajaran, guru berperan dalam menciptakan iklim belajar yang menyenangkan bagi siswa.

Sebelum pandemi, banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menciptakan iklim belajar yang menyenangkan di dalam kelas di antaranya dengan menggunakan strategi dan media pembelajaran yang memberikan pengalaman nyata kepada siswa.

Namun praktik pembelajaran daring tak luput dari berbagai kendala, mengingat guru tidak dapat bertemu secara langsung dengan siswa di dalam kelas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Fitriana Andriyani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas