Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wawancara Eksklusif

Jangan Remehkan UT, Lulusannya Peringkat Pertama Lolos CPNS

Indonesia memiliki pengamalaman pembelajaran jarak jauh yang cukup panjang, yaitu Universitas Terbuka. Lulusannya ternyata mumpuni.

Jangan Remehkan UT, Lulusannya Peringkat Pertama Lolos CPNS
Istimewa
Barokah Widuroyekti, Direktur Universitas Terbuka (UT) Semarang.

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Pembelajaran jauh sebetulnya bukan hal baru di tanah air.  Universitas Terbuka mempunyai pengalaman panjang dalam soal ini. Untuk mengetahui News Manager Tribun Jateng, Iswidodo, mewawancari  Direktur Universitas Terbuka, Semarang, Dra. Barokah Widuroyekti, MPd. Berikut petikan wawancaranya.

Seperti apa UT Semarang saat ini?

UT Semarang adalah perguruan tinggi negeri (PTN) yang berpusat di Tangerang Selatan. UT memiliki kantor perwakilan yang disebut dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ).

Total saat ini ada 39 UPBJJ se Indonesia, salah satunya di Semarang ini. Ditambah satu UT untuk layanan mahasiswa luar negeri. Jadi UT ada di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke bahkan di luar negeri.

Sekarang ada berapa mahasiswanya?

UT Semarang sendiri meliputi 13 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Mulai dari Pemalang, Tegal, Pekalongan sampai wilayah timur yaitu Kabupaten Blora.

Secara keseluruhan, Universitas Terbuka memiliki 320.000 mahasiswa se Indonesia termasuk di luar negeri. Sementara UT Semarang sendiri ada 12.000 mahasiswa yang tersebar di 13 kabupaten dan kota wilayah kerja.

Sebagai PTN bagaimana legalitas kuliah jarak jauh?

Jadi saya ingatkan lagi, UT itu statusnya PTN. UT yang sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan yang luar negeri kita sudah punya sertifikasi ISO dan ICDE.

Jadi soal legalitas, tidak perlu diragukan lagi. Hanya mungkin perlu diketahui juga bahwa UT itu perguruan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh. Sejak awal pendirian pada 1984, izinnya sudah desain pendidikan tinggi jarak jauh.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: cecep burdansyah
Sumber: Tribun Jateng
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas