Tribun

Resensi Buku

Kesaksian Atas Kerja dan Suara Kreatif Pak Umar

Buku ini adalah kesaksian dari sebuah kerja keras seorang pejuang pendidikan yang penuh keikhlasan, dedikasi, dan integritas tinggi

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kesaksian Atas Kerja dan Suara Kreatif Pak Umar
ist
Buku Bapak Madrasah Indonesia: Testimoni Atas Kinerja DR. H. A. Umar, M.A 

Oleh: Ayu Kristina *) 

TRIBUNNEWS.COM - Di lembar sejarah kerja kehidupan Pak Umar, banyak nilai yang bisa dipungut dan dikupas. Salah satunya perihal dedikasi dan kerja keras dalam pembentukan Madrasah berkelas dunia.

Dalam segala aktivitasnya selalu terlempar pada usaha pencarian ide, gagasan, solusi, yang bisa membantu siswa dan madrasah, di mana sedang berada dalam pergolakan pencarian identitas dan standar-standar nilai yang belum mampu memberikan gambaran terang tentang bagaimana memaknai sebuah wawasan, hidup, dan pendidikan.

Pak Umar bergerak ke arah sana. Ia berusaha secara optimal untuk mengubah paradigma Madrasah, manajemen Madrasah, dan krisis-krisis pribadi pendidik-siswa menjadi sesuatu yang konstruktif, juga aplikatif.

Suatu cara yang memungkinkan Madrasah bertahan dalam masa-masa zaman pelik dan menemukan pusat kekuatan dalam diri madrasah, serta mencapai nilai-nilai dan sasaran utuh untuk menjadi basis pengembangan pendidikan dan pemaknaan hidup umat.

Sumber-sumber itu ditemukan Pak Umar selama menjadi Direktur KSKK (Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah).

Diakui, ia menjadi pembimbing dan menjadi kekuatan penting dalam berjalannya Madrasah di Indonesia. Dengan keberhasilannya, banyak orang menyebutnya, Bapak Madrasah Indonesia.

Baca juga: HNW Dukung Keadilan Anggaran Untuk Madrasah

Ikhtiar dalam memperjuangkan Madrasah demi melahirkan generasi hebat bermartabat disambut baik dari banyak kalangan. Kinerja-kinerja baiknya yang berdampak nyata dipuji. Bahkan banyak pihak memberikan testimoni.

Buku Bapak Madrasah Indonesia: Testimoni Atas Kinerja DR. H. A. Umar, M.A (2021) merupakan contohnya. Buku ini adalah kesaksian dari sebuah kerja keras seorang pejuang pendidikan yang penuh keikhlasan, dedikasi, dan integritas tinggi.

Mengutip pengantar, “buku ini merupakan bentuk ekspresi, kesaksian, suara hati, harapan, doa dari berbagai pihak, baik yang pernah berinteraksi secara langsung, tidak langsung, maupun yang baru sebatas berinteraksi secara daring ataupun pihak telepon”. Berbagai testimoni itu kemudian dikompilasi dan dikategorisasi dalam buku setebal 92 halaman ini.

Dengan suara jujur, di dalam buku ini banyak pihak yang memandang Pak Umar adalah sosok pribadi yang sangat profesional, penuh inovasi, dan penuh motivasi. Jejak petualangan ketika menyapa ke madrasah-madrasah di seluruh Indonesia, selalu memberi secercah pencerahan, gagasan, dan dukungan.

Kesaksian ia pun ditempuh dengan cara santun, ramah, bersahaja, dan sederhana. Maka, tak heran, di sekujur buku ini, ia dikisahkan bak pahlawan Madrasah Tanah Air.

Misalnya kesaksian dari MAN Insan Cendekia OKI. “Bapak Direktur Umar merupakan sosok inovator, inspirator, dan motivator. Banyak sekali terobosan inspiratif untuk mewujudkan Madrasah hebat bermartabat berkelas dunia. Sebagai Direktur KSKK yang visioner, banyak kesan yang dapat dirasakan dan manfaatnya”. 

Menurut tuturannya, inovasi, inspirasi dan motivasi yang diberikan Pak Umar, akhirnya dapat membuahkan hasil berupa prestasi yang luar biasa bagi Madrasah MAN Insan Cendekia OKI dan Kementerian Agama.

Baca juga: Sasaran PPN Diperluas Sampai ke Jasa Pendidikan yang Dikomersialkan, Sri Mulyani: Demi Keadilan 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas