Tribun

Mengenal Daerah Aliran Sungai serta Fungsi dan Ciri-Ciri Bagian Sungai Hulu, Tengah, dan Hilir

Mengenal Daerah Aliran Sungai serta fungsi dan ciri-ciri bagian sungai hulu, tengah, dan hilir.

Penulis: Devi Rahma Syafira
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Mengenal Daerah Aliran Sungai serta Fungsi dan Ciri-Ciri Bagian Sungai Hulu, Tengah, dan Hilir
TribunSolo.com/Bayu Ardi Isnanto
Mengenal Daerah Aliran Sungai serta Fungsi dan Ciri-Ciri Bagian Sungai Hulu, Tengah, dan Hilir, Selengkapnya dalam Artikel ini 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai aliran sungai serta bagian sungai hulu, tengah, dan hilir.

Daerah aliran sungai (DAS) adalah daerah yang di batasi punggung-punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggung gunung , lalu akan dialirkan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama.

Dikutip dari dlh.bulengkab.go.id DAS termasuk suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya.

Fungsinya menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan.

Nelayan saat mencari keberadaan pelajar SMP yang hanyut di sungai Kali Lamong, Gresik, Selasa (15/12/2020).
Nelayan saat mencari keberadaan pelajar SMP yang hanyut di sungai Kali Lamong, Gresik, Selasa (15/12/2020). (TRIBUNMADURA.COM/WILLY ABRAHAM)

Baca juga: Petugas DLH Bakal Ambil Sampel Air Sungai Simpang Lhee yang Mendadak Merah

Baca juga: Sungai Cileungsi-Cikeas Meluap, Berikut 11 Lokasi di Bekasi yang Tergenang Banjir Kiriman

Sementara itu, wilayah sungai adalah kesatuan wilayah tata pengairan sebagai hasil pengembangan satu atau lebih daerah pengaliran sungai.

Sungai dimaknai dengan sistem pengaliran air mulai dari mata air sampai muara, dengan dibatasi pada kanan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan.

Pembagian Daerah Aliran Sungai Berdasarkan Fungsi dan Ciri-Ciri Hulu, Tengah, dan Hilir:

1. Bagian Hulu

Bagian hulu didasarkan pada fungsi konservasi yang dikelola untuk mempertahankan kondisi lingkungan DAS agar tidak terdegradasi, yang dapat diindikasikan dari kondisi tujuan tutupan vegetasi lahan DAS, kualitas air, kemampuan air (debit), dan curah hujan.

Bagian Hulu DAS adalah suatu wilayah daratan bagian dari DAS yang dicirikan dengan topografi bergelombang, berbukit atau bergunung, kerapatan drainase realtif tinggi, merupakan sumber air yang masuk ke sungai utama dan sumber erosi yang sebagian terangkut menjadi sedimen daerah hilir.

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas