Tribun

Materi Sekolah

Upaya-upaya Meningkatkan Kerja Sama di Antara Negara-Negara ASEAN

Upaya meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN yang telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN.

Penulis: Devi Rahma Syafira
Editor: Tiara Shelavie
Upaya-upaya Meningkatkan Kerja Sama di Antara Negara-Negara ASEAN
Channel News Asia
Mengenal upaya-upaya Meningkatkan Kerja Sama di Antara Negara-Negara ASEAN. 

TRIBUNNEWS.COM - Upaya meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN yang telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN tahun 2015.

Dikutip dari Buku SMP/MTS IPS Kelas VIII (2017) Oleh Mukminan, dkk, tiga pilar yang dimaksud yaitu kerja sama dalam bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Peningkatkan kerja sama tersebut memerlukan dorongan antara lain kekompakan, konsistensi, keterbukaan, rasa “ke-kekita-an” (we feeling), saling menghormati dan kesetiakawanan sosial (a caring and sharing community), serta dinamis dalam menjalani kerja sama.

Kerja sama yang dibangun harus berfokus pada masyarakat (people-centered approach) dalam berbagai sektor (multisektor).

Dalam pilar sosial budaya, masyarakat ASEAN akan bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Hubungan Kerja Sama Negara-negara ASEAN: Faktor Pendorong & Penghambat Kerja Sama

Baca juga: Mengenal Gedung Cyber, Gedung yang Alami Kebakaran hingga Sebabkan Dua Orang Tewas

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Bonifasius W. Pudjianto (kedua dari kiri) bersama ketua dan para dewan juri meninjau ke salah satu stan karya terpilih seusai penyerahan hadiah Anugerah Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) 2021 di Trans Luxury Hotel, 4 Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/11/2021). Ajang kompetisi tahunan karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika itu memberikan apresiasi kepada 18 karya terpilih anak bangsa dalam 6 kategori. Pemenang karya terpilih IdenTIK tahun 2021 ini akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat regional ASEAN ICT Award (AICTA) 2022. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Bonifasius W. Pudjianto (kedua dari kiri) bersama ketua dan para dewan juri meninjau ke salah satu stan karya terpilih seusai penyerahan hadiah Anugerah Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) 2021 di Trans Luxury Hotel, 4 Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/11/2021). Ajang kompetisi tahunan karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika itu memberikan apresiasi kepada 18 karya terpilih anak bangsa dalam 6 kategori. Pemenang karya terpilih IdenTIK tahun 2021 ini akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat regional ASEAN ICT Award (AICTA) 2022. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Dikutip dari kemlu.go.id, salah satu upaya untuk mewujudkan terbentuknya Masyarakat Sosial Budaya, telah disusun Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN (ASCC Blueprint).

Tujuannya sebagai pedoman bagi negara anggota ASEAN dalam melaksanakan langkah aksi menuju terbentuknya Masyarakat ASEAN tahun 2015.

Selain itu, Cetak Biru memuat enam elemen utama (Core Element) dan 339 Rencana Aksi (Action-lines).

ASEAN berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup.

ASEAN membuka akses yang seluas-luasnya bagi seluruh penduduk di negara-negara anggotanya di berbagai bidang, seperti di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, serta lingkungan hidup.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas