Tribun

Tips Jadi Sahabat bagi Anak Didik agar Tertarik dengan Materi Pelajaran

Untuk mencapai tujuan ideal itu tidak sulit asalkan guru maupun dosen benar-benar serius dalam mengajar.

Penulis: Johnson Simanjuntak
Editor: Malvyandie Haryadi
Tips Jadi Sahabat bagi Anak Didik agar Tertarik dengan Materi Pelajaran
istimewa
Foto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbagai metode dan cara diterapkan agar anak didik baik pelajar maupun mahasiswa tertarik dengan materi pelajaran yang diberikan, aktif di kelas, terbuka, dan pada saat bersamaan, baik guru maupun dosen, bisa menjadi sahabat bagi anak didik.

Untuk mencapai tujuan ideal itu tidak sulit asalkan guru maupun dosen benar-benar serius dalam mengajar, menguasai bidangnya, demokratis, dan mengetahui watak dan karakter anak didiknya.

Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Suradi, MSi, yang punya pengalaman lama sebagai guru di SMAN 8 Jakarta, mengungkapkan hal itu dalam perbincangan santai yang disiarkan langsung melalui channel Youtube Teras Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ATVI, Kamis malam (2/12/2021).

Bincang santai yang dipandu Ketua LPPM ATVI,  DR. Ratih Damayanti dan didukung tim kreatif IT, yang juga dosen ATVI, Teguh Setiawan itu dilakukan secara interaktif.

Baca juga: PGRI: Pandemi Melahirkan Gairah Guru Mempelajari Teknologi untuk Pembelajaran

Peserta dapat bertanya dan memberikan pandangannya melalui chat di channel Youtube. 

Ini merupakan acara perdana Teras LPPM yang akan berlanjut secara kontinyu dwi mingguan.

Menurut Suradi, yang  juga dikenal sebagai  jurnalis dan penulis buku ini, tantangan terbesar dalam proses pembelajaran baik di masa tahun 1990-an maupun saat ini adalah bagaimana peserta didik, baik pelajar maupun mahasiswa memahami apa yang kita ajarkan, setelah itu dapat mengaplikasinya  untuk kepentingan studi dan karir di masa depan.

“Pemahaman tentang pentingnya bidang studi, kaitannya dengan kehidupan masa lalu, kini dan mendatang, serta informasi bidang karir yang dibutuhkan, jadi daya tarik siswa maupun mahasiswa selalu dekat dengan kita,” katanya.

Tips Dekat dengan Anak Didik

Dalam bincang santai selama 90 menit itu, Suradi yang juga menulis buku berjudul “Bangga Menjadi Guru SMAN 8 Jakarta” ini memberikan beberapa tips agar guru maupun dosen bisa menjadi sahabat anak didik.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas