Tribun

Materi Sekolah

Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi serta Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika

Mengenal makna harmoni dalam keberagaman: mencakup keberagaman mencakup sosial budaya, ekonomi, hingga gender pada masyarakat.

Penulis: Faishal Arkan
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi serta Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah perempuan menari tarian ketuk tilu pada kegiatan menari bersama 'Bandung Ketuktiluan' di halaman Gedung Sate, Jalan Diponogoro, Kota Bandung, Minggu (1/9/2019). Kegiatan yang diselenggarakan Rumpun Indonesia dan diikuti sekitar 500 perempuan dari anak-anak hingga nenek-nenek itu, bertujuan untuk memperkenalkan tarian ketuk tilu sebagai salah satu kekayaan budaya Jawa Barat kepada masyarakat luas dan mengembalikan nilai-nilai kearifan lokal keberagaman seni dan budaya sebagai pemersatu identitas persatuan bangsa Indonesia. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Tuhan Yang Mahakuasa telah menganugerahkan kondisi wilayah tanah air yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Letak geografis yang berada di jalur lalu lintas perdagangan internasional antara benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia membuat keanekaragaman hayati sumber daya alam yang melimpah baik di daratan maupun lautan.

Di samping itu, kondisi masyarakat yang mendiami wilayah Indonesia memiliki beragam suku bangsa, agama, ras, serta perbedaan golongan dalam masyarakat.

Keanekaragaman tersebut merupakan sumber kekayaan bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan untuk memperkuat kejayaan dan keunggulan bangsa.

Terdapat berbagai keberagaman yang dapat ditemukan pada masyarakat Indonesia.

Keberagaman tersebut mencakup sosial budaya, ekonomi, serta gender pada masyarakat.

Baca juga: Keberagaman Jenis Wayang di Indonesia, Ada Wayang Beber hingga Wayang Wong

Warga Cina Benteng, Kota Tangerang, merayakan Sejit Kongco Hok Tek Tjeng Sin ke 331 di Vihara Nimmala Boen San Bio, Sabtu (22/2/2020). Dalam perayaan ulangtahun yang mebngusung tema, Keberagaman Budaya Mempererat Toleransi dan Kebersamaan, Warga Cina Benteng berbaur dengan masyarakat lainnya berduyun duyung datang menyaksikan acara yang menampilkan beragam kekayaan seni budaya dan kuliner hasil akulturasi budaya warga Tionghoa dengan Indonesia. (WARTAKOTA/Nur Ichsan)
Warga Cina Benteng, Kota Tangerang, merayakan Sejit Kongco Hok Tek Tjeng Sin ke 331 di Vihara Nimmala Boen San Bio, Sabtu (22/2/2020). Dalam perayaan ulangtahun yang mebngusung tema, Keberagaman Budaya Mempererat Toleransi dan Kebersamaan, Warga Cina Benteng berbaur dengan masyarakat lainnya berduyun duyung datang menyaksikan acara yang menampilkan beragam kekayaan seni budaya dan kuliner hasil akulturasi budaya warga Tionghoa dengan Indonesia. (WARTAKOTA/Nur Ichsan) (Wartakota/Nur Ichsan)

Baca juga: Mengenal Keberagaman Hewan di Lingkungan Sekitar Kita, Simak Penjelasanya Berikut ini

Makna Harmoni dalam Keberagaman

Dalam buku PPKN Kelas IX, dijelaskan secara rinci mengenai harmoni keberagaman sosial budaya, ekonomi, serta masyarakat, berikut ulasannya:

1. Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya

Keadaan sosial budaya pada masyarakat Indonesia beraneka ragam, maka dari itu diperlukan adanya harmonisasi dalam masyarakat.

Terciptanya paduan keselarasan, saling menghormati, menyayangi serta menyinergikan dan menyelaraskan segala macam perbedaan secara ikhlas dan alamiah di lingkungan sosial budaya.

Kehidupan masyarakat Indonesia yang berasal dari latar belakang yang beragam suku, budaya, agama, tradisi, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya, merupakan kodrat yang harus diterima oleh bangsa Indonesia.

Maka, di sinilah keindahan sebuah komunitas sosial bila mampu merekatkan berbagai perbedaan itu dan menjadikannya sebagai sarana untuk saling memahami, tepo seliro dan toleransi, yang akhirnya akan mempererat persatuan dan saling mencintai.

Keberagaman sosial pada masyarakat Indonesia melahirkan bermacam-macam status sosial, mata pencaharian, serta kedudukan dan jabatan dalam masyarakat.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas