Tribun

Tips Belajar Efektif Agar Lolos Seleksi Perguruan Tinggi Negeri dan Kedinasan

Agar berhasil mencapai tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke PTN atau PTK, kamu memerlukan solusi belajar yang efektif untuk membantu persiapan ujian

Editor: Content Writer
zoom-in Tips Belajar Efektif Agar Lolos Seleksi Perguruan Tinggi Negeri dan Kedinasan
Pexels.com/ThisIsEngineering
Ilustrasi belajar untuk masuk perguruan tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah lulus, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tentu menjadi impian banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dari beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan pilihan populer yang banyak diminati.

PTN merupakan perguruan tinggi yang langsung dikelola oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) atau kementerian/ lembaga lainnya.

PTN menjadi pilihan yang populer dikarenakan memiliki biaya kuliah yang relatif lebih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah. Beberapa contoh PTN diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, serta Universitas Airlangga.

Sementara, PTK atau biasa dikenal dengan sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi biasanya dikelola oleh lembaga pemerintahan kementerian ataupun non kementerian. PTK banyak dipilih lulusan SMA/K karena uang kuliah yang umumnya dibiayai penuh oleh pemerintah serta memiliki ikatan dinas setelah lulus.

Salah satu contoh PTK adalah STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sehingga setelah lulus siswa akan langsung diangkat menjadi pegawai pemerintahan.

Baik melanjutkan pendidikan ke PTN maupun PTK, kamu tentu perlu melakukan berbagai persiapan belajar yang matang untuk bisa lulus seleksi masuk mengingat proses seleksinya yang cukup ketat dengan persaingan yang tinggi.

Terlebih, PTN terkenal dengan ujian masuk yang selektif karena daya tampung yang terbatas. Begitu pula dengan PTK yang memiliki fasilitas ikatan kerja dan umumnya gratis, juga memiliki ragam tes masuk yang spesifik dan ketat.

Nah, agar berhasil mencapai tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke PTN atau PTK, kamu memerlukan solusi belajar yang efektif untuk membantu persiapan ujian masuk PTN/PTK. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Cari waktu dan tempat belajar yang nyaman

Mencari waktu dan tempat belajar yang nyaman dapat berpengaruh besar pada fokus dan konsentrasi kamu saat belajar. Dengan begitu, materi-materi pembelajaran pun bisa kamu pahami dengan lebih maksimal dan efektif.

Kamu juga bisa menentukan waktu belajar yang tepat dengan mengetahui kapan jam biologis tubuhmu atau istilahnya menemukan ‘jam pintar’ dan ‘jam bego’ masing-masing seperti yang dijelaskan dalam buku You Do You: Discovering Life Through Experiments and Self-Awareness karya Fellexandro Ruby.

2. Buat rencana dan target belajar

Materi yang diujikan dalam tes masuk PTN dan PTK cukup beragam sehingga kamu tentu perlu persiapan yang menyeluruh agar sukses dalam mengikuti tes. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah belajar dari jauh hari supaya ada cukup waktu untuk mempelajari seluruh materi.

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas