Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Cukup Hanya Kompetensi, Lulusan Perguruan Tinggi harus Memiliki Skill yang harus Dilatih

Selain  kompetensi bidang keilmuan yang harus terus diasah, ada beberapa skill yang harus dilatih seperti  kreatif, memiliki kecerdasan emosional

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tak Cukup Hanya Kompetensi, Lulusan Perguruan Tinggi harus Memiliki Skill yang harus Dilatih
Istimewa
Rektor UAI, Prof Dr Ir Asep Saefuddin MSc di podium sidang senat terbuka wisuda ke-25, Tahun Akademik (TA) 2021-2022 Universitas Al-Azhar Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Prof Dr Ir Asep Saefuddin MSc. mengatakan, di era sekarang ini lulusan perguruan tinggi harus memiliki memiliki keahlian, tak hanya memiliki kompetensi ilmu yang dipelajari di kampus.

"Selain  kompetensi bidang keilmuan yang harus terus diasah, ada beberapa skill yang harus dilatih seperti  kreatif, memiliki kecerdasan emosional, dapat bekerjasama, pola pikir kritis, dan lainnya," kata Asep saat penyelenggaraan Wisuda UAI yang ke-25, Tahun Akademik (TA) 2021-2022.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya ini, lulusan perguruan tinggi akan mampu berkontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.

Dalam pidatonya, Asep menyampaikan bahwa para wisudawan kali ini merupakan lulusan yang luar biasa karena mampu menyelesaikan pendidikan dimana dunia tidak hanya sedang berubah, tetapi sedang terdisrupsi.

"Juga masih hadirnya pandemi sejak awal tahun 2020 hingga saat ini yang  membatasi mobilitas umat manusia secara fisik dan berbagai perubahan harus diadaptasikan dengan cepat," katanya.

Baca juga: Laksanakan Prosesi Wisuda ke-83, Wisudawan Unissula Dimotivasi Jadi Pribadi yang Tangguh

Wisuda yang digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube, serta luring yang dihadiri secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat oleh Senat Akademik Universitas, panitia wisuda, para tamu undangan dan perwakilan mahasiswa terbaik Universitas.

BERITA REKOMENDASI

Berbeda dari wisuda sebelumnya, kali ini UAI mengadakan rangkaian acara wisuda yaitu Workshop
Persiapan Menghadapi Dunia Kerja, yang dilaksanakan secara daring.

Workshop diisi oleh jurnalis senior, Razaini Taher.

Kegiatan ini dilakukan guna memberikan bekal skill (keterampilan) dan edukasi untuk mempersiapkan para calon wisudawan agar dapat menghadapi dunia kerja secara baik.

Selain itu, para wisudawan sebelumnya juga mengikuti prosesi Khatmul Quran pada Jumat, 25 Februari 2022 yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan khatam quran bersama oleh para wisudawan kali ini dibimbing oleh Ust Bahrul Ulum BSc MA PhD. Pjs. Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam UAI.

Hadir pula H. Muchamad Romly, S.Sos. I,M.E.Sy lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia memberikan pembekalan kepada calon wisudawan guna memperkuat lulusan UAI menjadi generasi Hamalatul Qur’an.

Sebanyak 310 wisudawan dari berbagai Program Studi baik program Sarjana maupun Magister yang akan
dilantik oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. melalui sidang senat terbuka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas