Tribun

Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 31 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 SD halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 4. Jenis usaha masyarakat Indonesia: Industri, perdagangan, dan jasa.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 31 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4
Buku tematik kelas 5 tema 8
Gambar perindustrian - Kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 SD halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 4. Jenis usaha masyarakat Indonesia: Industri, perdagangan, dan jasa. 

TRIBUNNEWS.COM - Artikel ini memuat kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 4.

Soal dalam kunci jawaban ini adalah jenis usaha masyarakat Indonesia.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orangtua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaiknya, orangtua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 141 142: Konferensi Meja Bundar Indonesia (KMB)

Ayo Membaca

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada bermacam-macam jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis usaha itu ada yang menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa. Berikut beberapa jenis usaha selain pertanian.

1. Perindustrian

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih
kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil

2. Perdagangan

Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik. Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Tanpa adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Jasa

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas