Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi. Jelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual!

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi
Buku IPA Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi. Jelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual! 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 SMP halaman 114 dan 115 Uji Kompetensi.

Di halaman 114 dan 115, siswa diminta untuk menjawab soal Uji Kompetensi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 dan 115: Uji Kompetensi

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 54: Perkembangbiakan Tumbuhan

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Jelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual!

Jawaban: Perkembangbiakan secara seksual dapat dilakukan dengan tahapan penyerbukan (penempelan serbuk sari ke kepala putik) dan fertilisasi (pembuahan ovum (inti sel telur) oleh inti sel sperma kemudian membentuk zigot).

2. Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!

BERITA TERKAIT

Jawaban: Serbuk sari dari bunga akan menempel pada tubuh kupu-kupu yang hinggap. Kemudian ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain, serbuk sari yang menempel pada tubuhnya akan ikut berpindah dan menempel pada putik bunga lain.

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya? Manakah yang akan cepat berbuah? Kaitkan dengan perbedaan sifat keturunan hasil perkembangbiakan vegetatif dan generatif!

Jawaban: Tanaman hasil cangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya, dan akan berbuah lebih cepat. Sedangkan tanaman hasil tanam biji bisa memiliki sifat yang bervariasi dan tidak selalu sama sifatnya dengan induk.

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 65: Fungsi Putik, Benang Sari dan Tangkai Bunga

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 115

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnya mengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?

Jawaban: Upaya efektif dalam pengendalian nyamuk di lingkungan sekitar bisa dilakukan dengan 3M, yakni:

- Menutup tempat penampungan air

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas