Tribun

Muhammadiyah Kritik Keras RUU Sisdiknas yang Tak Masuk Prolegnas: Prosesnya Nggak Transparan!

Muhammadiyah mendukung keputusan Baleg DPR RI yang memutuskan tidak memasukkan RUU Sistem Pendidikan Nasional dalam Prolegnas.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Muhammadiyah Kritik Keras RUU Sisdiknas yang Tak Masuk Prolegnas: Prosesnya Nggak Transparan!
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Massa dari Forum Guru untuk Indonesia Cerdas melakukan aksi damai dan membacakan surat terbuka di depan Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022). Aksi tersebut untuk mendukung dimasukkannya RUU Sisdiknas ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Perubahan 2022 serta untuk segera merevisi UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Alpha Amirrachman, mengkritik Rancangan Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) yang tidak transparan dalam proses penyusunannya.

Alpha mendukung keputusan Baleg DPR RI yang memutuskan tidak memasukkan RUU Sistem Pendidikan Nasional dalam Prolegnas.

Menurut Alpha, penolakan ini menunjukan bahwa DPR telah menggunakan akal sehatnya.

"Para wakil rakyat telah menggunakan nurani dan akal sehatnya dalam menolak RUU yang sarat kontroversi ini," ujar Alpha melalui keterangan tertulis, Kamis (21/9/2022). 

Menurut Alpha, RUU ini telah keliru bahkan sejak dalam pemikiran para perancangnya yang sampai sekarang bahkan tidak pernah dibuka identitasnya oleh pihak Kemendikbudristek.

Hal ini, menurut Alpha, dibuktikan dengan tidak dibuatnya peta jalan atau grand design terlebih dahulu.

Peta jalan, kata Alpha, seharusnya menjadi konsep awal yang penting dirumuskan sebelum merancang perangkat peraturan atau undang-undangnya.

"Ibaratnya seperti merakit sebuah kapal besar sambil bersamaan meluncurkannya tanpa ada kejelasan awal mau dibawa ke mana arahnya, berbahaya sekali,” ujar Alpha.

Baca juga: Pengamat Pendidikan Ungkap 10 Masalah Fundamental Pada RUU Sisdiknas

Menurut Alpha, RUU ini cacat bukan hanya dari berbagai sisi substansi tapi juga dari prosesnya yang tidak transparan dan minim partisipasi publik.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas