Tribun

Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 94, Mengubah Kalimat Tidak Efektif Menjadi Efektif

Berikut kunci jawaban tema 3 kelas 6 SD halaman 94 subtema 2. Siswa diminta mengubah kalimat tidak efektif menjadi efektif berdasarkan sebuah bacaan.

Penulis: Enggar Kusuma Wardani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 94, Mengubah Kalimat Tidak Efektif Menjadi Efektif
Buku Tema 3 Kelas 6
Kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 94 subtema 2. Memuat tugas bagi siswa untuk mencari kalimat tidak efektif dari sebuah bacaan berjudul Si Kotak Ajaib, kemudian mengubahnya menjadi kalimat efektif. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 94 subtema 2.

Pada halaman tersebut siswa diminta untuk membaca sebuah bacaan berjudul Si Kotak Ajaib.

Setelah membaca dengan teliti, siswa diminta untuk mencari kalimat tidak efektif dan mengubahnya menjadi kalimat efektif.

Setelah itu siswa juga diminta memeriksa kembali pekerjaannya apakah sudah benar-benar menggunakan kalimat efektif.

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik tema 3 kelas 6 halaman 94, siswa diharapkan dapat terlebih dahulu menjawab soal secara mandiri.

Kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 94 ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

tema 3 kelas 6 halaman 94
Tugas Ayo Berlatih pada buku tema 3 kelas 6 halaman 94

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD Halaman 144 dan 145: Dampak Penemuan di Bidang Ekonomi

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab dalam perbedaan jawaban pada kunci jawaban ini.

Si Kotak Ajaib

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera.

Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio”
artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 64: Pengaruh Televisi terhadap Kehidupan Masyarakat

Ayo Berlatih (Halaman 94)

Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas