Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelajar Indonesia di Taiwan Promosikan Seni Budaya Nusantara hingga Aneka Kuliner

Kekayaan seni dan nilai budaya tersebut sangat efektif sebagai alat perkenalan atau promosi Indonesia ke mancanegara.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pelajar Indonesia di Taiwan Promosikan Seni Budaya Nusantara hingga Aneka Kuliner
HO
Penampilan seni budaya nusantara dalam ajang “Indonesia Cultural Festival". 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Pelajar Indonesia Taipei Medical University (PPI TMU) di Taiwan menggelar festival budaya Indonesia bertajuk "Indonesia Cultural Festival" yang dihadiri ratusan orang.

Mereka mempromosikan seni budaya nusantara hingga beragam aneka kuliner kepada warta Taiwan.

Warga Taiwan yang hadir termasuk Vice President TMU Prof Chieh-Hsi Wu menilai Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman seni dan budaya yang tiada duanya.

"Indonesia adalah negara yang sangat menarik. Slogan kami adalah 'localization'. Kami memiliki interaksi yang sangat kuat, hubungan yang kuat antar pelajar internasional dan pelajar lokal. Sangat senang memiliki keragaman budaya di TMU,” ujar Wu, dikutip Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Pembangunan Berbasis Kebudayaan Jadi Fokus Seminar dan Orasi Kebudayaan Indonesia di Padang

Menurutnya, kekayaan seni dan nilai budaya tersebut sangat efektif sebagai alat perkenalan atau promosi Indonesia ke mancanegara.

Kegiatan seni budaya oleh komunitas pelajar Indonesia di Taipei yang pertama kalinya diselenggarakan tersebut mengangkat tema "Wonderful Indonesia".

BERITA REKOMENDASI

Kegiatan budaya tersebut diadakan di halaman utama kampus TMU dengan latar belakang pemandangan berupa kemegahan Taipei 101 yang hanya berjarak 1 km dari kampus.

Kepala Bidang Perlindungan WNI dan Penerangan Sosial Budaya KDEI Taipei Novrizal menyaksikan pertunjukan seni budaya diawali dengan penampilan kolaborasi mahasiswa TMU asal Bali bersama tim NTU Gamelan Gita Lestari, dilanjutkan dengan suguhan keroncong “Bengawan Solo" oleh mahasiswa TMU.

Gemuruh tepuk tangan hadirin menyertai penampilan para mahasiwa tersebut.

Setelah itu, ditampilkan lagu daerah Jawa Barat “Cing Cangkeling”, permainan angklung dengan lagu “Manuk Dadali” dan lagu Taiwan “Tong Hua”, serta lagu daerah Jawa “Ojo Lamis” dan pementasan Tari Saman.

Acara ditutup dengan flashmob lagu Nusantara.

Semua penampil menggunakan pakaian adat daerah Indonesia dan Batik sebagai ciri khas Nusantara.

Master of ceremony sebagai ikon acara mengenakan kebaya adat Bali dan baju “Bodo” Makassar lengkap dengan hiasan kepala.

"Kerja sama dan persahabatan adalah kata kunci kami di sini dan acara budaya ini mendorong semua itu," ujar Novrizal.

Ketua PPI TMU 2022/2023 Kamaluddin Latief mengapresiasi peserta yang hadir pada festival tersebut dan menyebut pelajar Indonesia selalu siap mempromosikan budaya Indonesia.

"Perhimpunan Pelajar Indonesia siap menjalin kerja sama di bidang sosial, sains dan lain-lain di masa mendatang. Acara ini memperbesar misi kami untuk menekankan dan mempromosikan budaya kami ke seluruh dunia," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas