Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 135: Vacuum of Power

Berikut kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 halaman 135 tentang pembentukan pemerintahan pasca Proklamasi Kemerdekaan.

Penulis: Isti Prasetya
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 135: Vacuum of Power
Tangkapan Layar Buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2
Berikut kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 halaman 135 tentang pembentukan pemerintahan pasca Proklamasi Kemerdekaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 halaman 135.

Pada Buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 135 terdapat soal tentang pembentukan pemerintahan pasca Proklamasi Kemerdekaan.

Jawaban dari soal tersebut akan dibahas di bawah ini, tetapi ada baiknya siswa tidak menjadikan artikel ini sebagai acuan.

Siswa lebih baik mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orangtua.

Kunci jawaban soal Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 135 semester 2:

1. Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?

Jawaban:

BERITA REKOMENDASI

Sebab, pada masa Jepang menyerah kepada sekutu, Indonesia tidak sedang mengalami dijajah oleh bangsa asing. Sehingga bisa dikatakan nikmatnya kekuasaan ada di pihak Indonesia saat itu.

2. Jelaskan bahwa pada saat proklamasi kemerdekaan, negara Republik Indonesia belum memiliki semua kelengkapan negara! Tindakan apa saja yang dilakukan bangsa Indonesia untuk melengkapi kelengkapan negara tersebut?

Jawaban:

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, pemerintah Indonesia membentuk kelengkapan negara melalui sidang PPKI. Lalu dibentuk badan-badan yang melingkupi seperti pemilihan presiden dan wakil presiden, pembentukan KNIP, serta pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

3. Salah satu kegiatan yang dilakukan pasca proklamasi kemerdekaan adalah pembentukan KNIP. Apa yang melatarbelakangi pembentukan KNIP dan bagaimana fungsi badan tersebut bagi negara Indonesia?

Jawaban:

Latar belakang pembentukan KNIP adalah untuk melengkapi syarat pembentukan negara, yaitu adanya badan pemerintahan bidang legislatif. Tujuan pembentukan KNIP adalah untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa berdasarkan kedaulatan rakyat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas