Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 225 Kurikulum Merdeka: Karateristik Pontianak jadi Pemukiman Baru

Simak kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 225 kurikulum merdeka tentang karakteristik daerah Pontianak yang dijadikan pemukiman baru Syarif Abdurrahman.

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 225 Kurikulum Merdeka: Karateristik Pontianak jadi Pemukiman Baru
buku IPS
Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 225 kurikulum merdeka tentang karateristik daerah Pontianak dijadikan pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 halaman 225 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban mata pelajaran IPS kelas 7 SMP dalam artikel ini hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 225 Kurikulum Merdeka, siswa dapat terlebih dahulu mengerjakan soalnya sendiri.




Di halaman 225 Bab 4 tentang pemberdayaan masyarakat pada bagian Lembar Aktivitas 10 tentang karakteristik daerah Pontianak yang dipilih sebagai tempat untuk membuka pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman.

adswdwd
Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 225 kurikulum merdeka tentang karateristik daerah Pontianak dijadikan pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 221 Kurikulum Merdeka: Masa Ratu Kalinyamat Berkuasa

Lembar Aktivitas 10

Soal

Bagaimana karakteristik daerah Pontianak yang dipilih sebagai tempat untuk membuka pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman?

BERITA TERKAIT

Jawaban

Pada akhir tahun 1771, Syarif Abdurrahman bersama beberapa pengikutnya berlayar di Sungai Kapuas hingga pertemuan dengan Sungai Landak. Di sana, ia membuka hutan dan membangun pemukiman baru yang kemudian berkembang menjadi pusat perdagangan.

Syarif Abdurrahman dalam menentukan lokasi pontianak masih dalam keadaan hutan belantara yang dilalui dengan Sungai Kapuas.

Pendirian kesultanan menggunakan meriam yang ditembakkan. Tempat meriam itu jatuh akan didirikan kesultanan.

Konon, berdasar cerita setempat, wilayah tersebut banyak dihuni oleh makhluk halusndengan sebutan kuntilanak.Namun, kesemuanya berhasil ditundukkan dan wilayah tersebut diberi nama Pontianak.

Terbukti dengan nyata pemilihan tempat tersebut membawa keuntungan dengan banyaknya pedagang yang singgah dari Bugis, Melayu, Tiongkok, Sangau, Sukadana, Mempawah dan Sambas.

*) Disclaimer:

 Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Pondra Puger)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas