Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Bisnis Lib-Care, Layanan Pengelolaan Perpustakaan Buatan Mahasiswa Unair

Bisnis Lib-Care merupakan bisnis informasi yang bergerak di bidang pengelolaan perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah dan Taman Baca Masyarakat.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti
zoom-in Mengenal Bisnis Lib-Care, Layanan Pengelolaan Perpustakaan Buatan Mahasiswa Unair
ISTIMEWA/TRIBUNNEWS.COM
Konsultasi Gratis Lib-Care. Bisnis Lib-Care merupakan bisnis informasi yang bergerak di bidang pengelolaan perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah dan Taman Baca Masyarakat (TBM). Lib-Care diciptakan oleh mahasiswa D3 Perpustakaan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga 

TRIBUNNEWS.COM - Inovasi baru diciptakan oleh mahasiswa D3 Perpustakaan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga yaitu Lib-Care (Library Care).

Bisnis Lib-Care merupakan bisnis informasi yang bergerak di bidang pengelolaan perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

Bisnis ini muncul akibat keprihatinan terhadap kondisi perpustakaan-perpustakaan sekolah dan TBM khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

"Perusahaan kami melihat adanya kesulitan temen-temen pustakawan maupun perpustakaan sekolah khususnya di sekitar Surabaya dalam mengelola perpustakaan."

"Alasannya bermacam-macam, ada yang karena kurangnya SDM pustakawan, keterbatasan biaya, keterbatasan waktu dan lain sebagainya," kata Bagian Produksi dan Inovasi Layanan, Anny Salbilatus Syarifah dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Selasa (30/5/2023).

Sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) tengah asyik membaca dengan ditemanai pegawai pustaka di Perpustakaan Umum Manggis, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin (31/10/2022). Keberadaan Perpustakaan Umum Manggis ini menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan literasi bagi pelajar dan masyarakat.
Sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) tengah asyik membaca dengan ditemanai pegawai pustaka di Perpustakaan Umum Manggis, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin (31/10/2022). Keberadaan Perpustakaan Umum Manggis ini menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan literasi bagi pelajar dan masyarakat. (WARTA KOTA/YULIANTO)

Hal ini, kata Anny, sangat disayangkan lantaran melihat urgensi perpustakaan guna meningkatkan literasi dan minat baca yang sangat penting.

Terlebih kebiasaan membaca perlu dipupuk sejak dini.

BERITA TERKAIT

"Kalau sudah bertambah umur biasanya semakin sulit menumbuhkan kebiasaan ini ya," ucap Anny.

Untuk itulah, pihaknya menciptakan layanan Lib-Care yang memprioritaskan kepuasan pengguna dan kualitas dari layanan yang diberikan.

Tujuan utama adanya bisnis Lib-Care tak lain untuk membantu pengelolaan perpustakaan-perpustakaan sekolah dan TBM.

Terlebih dalam mempersiapkan akreditasi perpustakaan sekolah maupun akreditasi sekolahnya.

Dalam memberikan pelayanan kepada customer, Anny dkk menganut prinsip keterbukaan, teliti, dan kehati-hatian.

Pihaknya dan customer dapat melakukan diskusi terlebih dahulu mengenai layanan apa yang dipeelukan customer.

Termasuk berapa budget yang dimiliki dan permasalahan-permasalahan lainnya yang sekiranya menghambat kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas