Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Inovasi Literasi Finansial, Pelajar Tangsel Menangi Ajang JA SparktheDream Social Challenge 2023

Tim PJ Force berhasil menyisihkan 60 lebih tim peserta dari enam negara di Asia, meliputi Hong Kong, Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Inovasi Literasi Finansial, Pelajar Tangsel Menangi Ajang JA SparktheDream Social Challenge 2023
HO
Pelajar Indonesia menjuarai Kompetisi Ide Literasi Keuangan Tingkat Asia Pasifik. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri jasa keuangan terus mendorong kampanye literasi finansial di masyarakat melalui upaya pengenalan dini di kalangan pelajar.

Seperti dilakukan PT FWD Insurance Indonesia, bersama Prestasi Junior Indonesia, mereka mengapresiasi pencapaian Tim PJ Force SMP Pembangunan Jaya di Tangerang Selatan yang berhasil menang di ajang JA SparktheDream Social Challenge Asia Pacific Finals 2023.

Ini merupakan sebuah kompetisi tingkat Asia Pasifik di mana para siswa SMP ditantang menciptakan ide inovasi sosial yang dapat mempromosikan kesehatan finansial dan membawa perubahan positif di masyarakat.

Tim PJ Force berhasil menyisihkan 60 lebih tim peserta dari enam negara di Asia, meliputi Hong Kong, Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kemenag Upayakan Alih Status Negeri Perguruan Tinggi Agama Hindu

Dalam kompetisi ini, siswa bekerja dalam tim untuk mengikuti tantangan ini dan membuat video pendek yang menyoroti isu sosial yang mereka identifikasi di komunitas lokal mereka, beserta solusi yang diusulkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tim pemenang ajang ini berkesempatan mengembangkan konsep ide mereka lebih lanjut dengan bantuan mentor dari FWD Insurance serta hadiah untuk mendukung mereka mencapai impian.

BERITA REKOMENDASI

Direktur Utama FWD Insurance, Desy N. Widjaya menyampaikan, melalui JA SparktheDream Social Challenge, perusahaannya berupaya mendorong generasi muda agar mewujudkan impian dan ide inovatif mereka menjadi sebuah aksi riil yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal literasi keuangan.

"Pencapaian para siswa Indonesia dalam kompetisi tingkat Asia Pasifik ini merupakan sebuah kebanggaan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam membudayakan pengelolaan keuangan pribadi yang sehat dan mempromosikan inklusi keuangan di masyarakat," yngkap Desy dikutip Sabtu, 16 Desember 2023.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengungkapkan, selain menanamkan pola pikir dan keterampilan finansial, ajang JA SparktheDream Social Challenge juga memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi potensi, kreativitas, dan kepekaan sosial pelajar.

"Edukasi finansial yang diperoleh dan kesempatan berkompetisi ini akan menjadi bekal bagi para siswa untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang mandiri finansial sekaligus pemimpin muda yang bertanggung jawab di masa depan," kata Robert Gardiner.

Tim PJ Force dari SMP Pembangunan Jaya dinobatkan sebagai juara pertama berkat ide mereka yang bertajuk Bijak dalam BerUang, berupa sebuah jurnal keuangan yang menarik dan atraktif untuk mengedukasi generasi muda tentang kebiasaan baik dalam pengelolaan uang.

Jurnal keuangan tersebut terdiri dari pengenalan konsep dasar pengelolaan uang, perbedaan kebutuhan dan keinginan, lembar pencatatan tabungan, serta komik yang memuat kiat mengelola keuangan.

Juara kedua ajang ini diraih Tim The Dream dari Lac Hong Bilingual School, Vietnam dan juara ketiga diraih oleh Tim Wat Uthai Tharam School, Thailand.

Program JA SparktheDream Social Challenge digulirkan pertama kali pada tahun 2023 dan diklaim telah memberdayakan lebih dari 1.500 siswa di Indonesia dengan kemampuan membuat keputusan finansial yang cerdas.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas