Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka: Uji Pemahaman

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 6 SD/MI halaman 24 Kurikulum Merdeka.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka: Uji Pemahaman
Buku IPAS Kelas 6 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka: Uji Pemahaman, Ceritakan bagaimana tubuh manusia bisa bergerak! 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 6 SD/MI halaman 24 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut, tercantum dalam Bab 1 yang berjudul "Bagaimana Tubuh Kita Bergerak?".

Pada halaman 24, siswa diminta untuk mengerjakan soal "Uji Pemahaman".

Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka

Uji Pehamaman

1. Ceritakan bagaimana tubuh manusia bisa bergerak!

Jawaban: Pada intinya, tubuh manusia bergerak karena memiliki sistem gerak yang terdiri atas tulang, otot, sendi, dan sistem saraf. Rangka membuat tubuh kita kokoh. Adanya sendi antartulang membuat gerak kita menjadi lentur. Walaupun sendi memiliki batas gerak yang berbeda-beda. Agar dapat bergerak, tulang digerakkan oleh otot. Ada sistem saraf yang juga terlibat dalam upaya menggerakkan otot-otot yang ada pada tubuh kita.

2. Aga senang sekali bermain di telepon pintarnya. Ia bisa bermain dalam waktu lama dengan posisi tubuh seperti pada gambar berikut.

BERITA REKOMENDASI

a. Bagian tulang mana yang akan terkena dampak?

Jawaban: Tulang leher dan tulang punggung.

b. Seperti apa kemungkinan dampaknya?

Jawaban: Pada intinya, tulang leher dan punggung bisa kaku, sakit, dan pegal. Sakit leher dapat berdampak ke kepala seperti pusing. Jika menjadi kebiasaan saat masih usia pertumbuhan, ada risiko terkena kifosis.

c. Apa yang perlu Aga perbaiki dari sikapnya?

Jawaban: Aga perlu menjaga posisi mata dan telepon pintar sejajar agar tidak menunduk. Melakukan peregangan di bagian leher dan punggung. Kemudian, mengurangi waktu penggunaan telepon pintarnya dengan cara melakukan aktivitas lain.

3. Mia alergi terhadap produk berbahan susu. Perutnya akan sakit jika mengonsumsi produk ini. Padahal, susu merupakan salah satu sumber kalsium. Apa saran yang dapat kalian berikan kepada Mia agar ia tetap dapat memenuhi kebutuhan kalsiumnya sehari-hari?

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas