Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 179 180 Kurikulum 2013: Bahan Konduktor dan Isolator

Inilah soal dan kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD halaman 179 180 Subtema 3 Pembelajaran 5 pada Kurikulum 2013.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 179 180 Kurikulum 2013: Bahan Konduktor dan Isolator
Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD
Simak soal dan kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD halaman 179 180 Subtema 3 Pembelajaran 5 pada Kurikulum 2013: Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD halaman 179 180 Subtema 3 Pembelajaran 5 pada Kurikulum 2013.

Buku Tematik Tema 6 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 ini berjudul Panas dan Perpindahannya.

Subtema 3 dalam Buku Tematik ini berjudul Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 5 pada halaman 179 180.

Kunci jawaban Buku Tematik ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

BERITA TERKAIT

Berikut Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 179 180 Subtema 3 Pembelajaran 5 Buku Tematik Kurikulum 2013 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber lainnya:

Kunci Jawaban Halaman 179 180

Ayo Membaca

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 65 Kurikulum 2013: Nama Tarian dan Properti yang Digunakan

Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.

Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas