Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 232 K13: Mengapa Belanda Ingin Bentuk Sebuah Negara Federasi

Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 K13, Aktivitas Kelompok soal Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi, Bab 4.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 232 K13: Mengapa Belanda Ingin Bentuk Sebuah Negara Federasi
Buku IPS kelas 9 Kurikulum 2013
Soal buku IPS Kelas 9 halaman 232 K13 - Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 K13, Aktivitas Kelompok soal Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi, Bab 4. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 K13, Aktivitas Kelompok soal Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 K13 terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018 Semester 2, BAB 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan hingga Masa Reformasi, A. Masa Kemerdekaan (1945-1950).

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 Kurikulum 2013 soal Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi.

Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 232 Kurikulum 2013 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 232 Kurikulum 2013

Aktivitas Kelompok

Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan?

Kunci Jawaban:

Penyebab Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan adalah agar Belanda dapat memecah belah semangat persatuan dari nasionalisme di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Negara federal adalah sebuah negara yang terbentuk dari beberapa bagian negara. Belanda ingin memanfaatkan sistem negara Federal untuk memecah belah kembali Indonesia.

Belanda ingin kembali melakukan politik adu domba saat belanda lebih tepatnya VOC datang ke Indonesia. VOC adalah sebuah kongsi dagang yang dapat menguasai Hindia Belanda dengan menggunakan taktik tersebut.

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 228 Kurikulum Merdeka: Peran Indonesia di Kerja Sama Internasional

Belanda juga tahu kalau Indonesia adalah sebuah negara yang terbentuk dari berbagai suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda.

Terbentuknya negara federal ini otomatis warga Indonesia akan terlalu sibuk mengurus negara federalnya masing-masing.

Kesibukan inilah yang nanti dimanfaatkan Belanda untuk memecah kesatuan Indonesia.

Manakah bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia bentuk federal atau bentuk negara kesatuan?

Kunci Jawaban:

Bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia adalah bentuk negara kesatuan, hal ini dikarenakan melihat dari kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas