Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Nyata BINUS SCHOOL Serpong Beri Dampak Positif Lewat Program ‘Adopt a School’

BINUS SCHOOL Serpong menghadirkan program ‘Adopt a School’, yang mengajak siswa dan siswi sekolah tersebut untuk memberikan dampak positif bagi komuni

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Aksi Nyata BINUS SCHOOL Serpong Beri Dampak Positif Lewat Program ‘Adopt a School’
Istimewa
BINUS SCHOOL Serpong menghadirkan program ‘Adopt a School’, yang mengajak siswa dan siswi sekolah tersebut untuk memberikan dampak positif bagi komunitas sekitar 

TRIBUNNEWS.COM - Pendidikan merupakan pilar penting dalam membangun memperkuat masa depan bangsa. Sebagai institusi pendidikan, sekolah internasional BINUS SCHOOL Serpong memiliki prinsip bahwa manusia harus bersama-sama mendidik satu sama lain. 

Berangkat dari semangat tersebut, BINUS SCHOOL Serpong menghadirkan program ‘Adopt a School’, yang mengajak siswa dan siswi sekolah tersebut untuk memberikan dampak positif bagi komunitas sekitar. 

Berlandaskan visi dan misi fostering and empowering (membina dan memberdayakan), para siswa berkesempatan untuk memberikan dukungan terhadap sekolah-sekolah yang kurang beruntung dan melakukan sejumlah sub-program dan cara, baik pendidikan maupun rekreasi. Selama program ini berjalan, siswa dari kedua sekolah dapat saling ‘mengadopsi’ sistem pembelajaran satu sama lain dengan menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif. Program ‘Adopt a School’ biasanya ditujukan kepada siswa di tingkat SMP dan SMA. 




Program yang bergulir di tahun akademik 2023-2024 ini merupakan program pertama bagi BINUS SCHOOL Serpong dengan menggandeng tingkat Sekolah Dasar yang diresmikan lewat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BINUS SCHOOL Serpong dan SD Plus Ar-Rahmaniyah di Tangerang Selatan, Banten. 

Baca juga: Dukung Pemulihan Sepenuhnya, SMA BINUS SCHOOL Serpong Fasilitasi Program Belajar Online untuk Korban

Head of Learning Resources Center BINUS SCHOOL Serpong, Rico David menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi BINUSIAN (sebutan untuk siswa-siswi yang bersekolah di BINUS SCHOOL) untuk melebarkan pandangan dan memperoleh pengalaman baru, dan tentunya mendorong mereka untuk berkontribusi aktif ke komunitas sekitar. 

“Hal ini kami inisiasi agar dapat menciptakan dampak positif bagi BINUSIAN dan komunitas sekitar,” ungkapnya.

Melalui kerja sama tersebut, para siswa BINUS SCHOOL Serpong dapat berbagi mengenai pengalamannya terkait proses pembelajaran kepada siswa di SD Plus Ar-Rahmaniyah, khususnya dalam mata pelajaran bahasa Inggris, bahasa Indonesia, pelatihan guru, dan pendidikan olahraga. 

BERITA TERKAIT

Sebaliknya, siswa SD Plus Ar-Rahmaniyah pun turut membagikan wawasan tentang kegiatan di sekolah mereka kepada siswa-siswi BINUS SCHOOL Serpong, seperti Pramuka dan Marching Band. 

Tak hanya itu, terdapat beberapa agenda lain yang dilakukan untuk mendukung pembelajaran siswa, di antaranya adalah donasi buku dan juga peremajaan perpustakaan di SD Plus Ar-Rahmaniyah, guna mendukung rencana SD Plus Ar-Rahmaniyah dalam mendirikan perpustakaan baru. 

“Dalam program ini, BINUS SCHOOL Serpong menyediakan buku-buku pilihan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sekolah dasar. Dukungan ini tidak hanya membantu mendirikan perpustakaan tetapi juga memastikan bahwa setiap siswa memiliki akses terhadap beragam bahan bacaan yang berkualitas,” ucap Rico.

Dengan berjalannya program ‘Adopt a School’, BINUS School Serpong berharap langkah ini dapat menjadi model inspiratif bagi lembaga pendidikan lainnya untuk memberikan dampak positif bagi komunitas lokal.

Baca juga: Rancang Kota Cerdas Dengan AI, Siswa BINUS SCHOOL Serpong Menangkan KIWI Challenge 2023

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas