Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 30 dan 31: Uji Kompetensi

Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 8 SMP halaman 30 dan 31 dalam Bab 1 yang berjudul "Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku".

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 30 dan 31: Uji Kompetensi
Pendidikan Pancasila kelas 8 SMP halaman 30 dan 31
Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 8 SMP halaman 30 dan 31 dalam Bab 1 yang berjudul "Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku". 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 8 SMP halaman 30 dan 31.

Soal halaman 30 dan 31 ini berada dalam Bab 1 yang berjudul "Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku".

Namun, sebelum melihat kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 8 SMP halaman 30 dan 31, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.

Buku Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas 8 ini ditulis oleh Tudi Setiawan, Tia Setiawati, Muhammad Sapei, dan Prayogo.

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Di sebuah sekolah terdapat seorang peserta didik yang pintar bernama C. Ia tidak mau mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan sekolah.

Ia merasa hanya membuang waktu. Menurutnya, yang terpenting dari peserta didik adalah kecerdasan intelektual.

Tidak perlu kecerdasan spiritual. Selain itu, menurutnya, kecerdasan intelektual menjadi faktor penting kesuksesannya pada masa mendatang.

BERITA TERKAIT

Bagaimana pandangan kalian terhadap sikap C? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan permasalahan tersebut!

2. Seorang peserta didik bernama A, sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk A. Semua pengurus kelas setuju.

Sepulang sekolah, mereka menuju rumah A untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai oleh-oleh. Sesampainya di rumah A, semua masuk ke ruang tamu rumah A.

Baca juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 26, 27,28, dan 29: Uji Kompetensi

Hanya peserta didik D yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, D merasa minder untuk masuk rumah A yang megah.

Peserta didik A pernah meledek D sebagai anak miskin. Jika kamu adalah ketua kelasnya, bagaimana cara kamu mengajak D agar mau masuk ke ruang tamu rumah A?

Jelaskan nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!

3. Peserta didik bernama R, sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja, peserta didik T berlari menabrak R yang sedang menyerok sampah.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas