Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 100 Kurikulum Merdeka, Ayo Berpikir Kritis Bab 2

Berikut kunci jawaban Geografi kelas 11 halaman 100 Kurikulum Merdeka, Ayo Berpikir Kritis Bab 2 tentang Penurunan Jumlah Harimau Sumatra.

Penulis: Nurkhasanah
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 100 Kurikulum Merdeka, Ayo Berpikir Kritis Bab 2
static.buku.kemdikbud.go.id
Berikut kunci jawaban Geografi kelas 11 halaman 100 Kurikulum Merdeka, Ayo Berpikir Kritis Bab 2 tentang Penurunan Jumlah Harimau Sumatra. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Geografi kelas 11 halaman 100 Kurikulum Merdeka.

Pada soal Geografi kelas 11 halaman 100 Kurikulum Merdeka, siswa diminta menjawab pertanyaan mengenai penurunan jumlah harimau sumatra.

Sebelum melihat kunci jawaban Geografi kelas 11 halaman 100 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.

Ayo Berpikir Kritis




Grafik Penurunan Jumlah Harimau Sumatra Sejak 1970-an Hingga 2012

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan sub spesies terakhir jenis harimau yang pernah ada di Indonesia. Dua kerabatnya, Harimau Bali (P. t. Balica) dan Harimau Jawa (P.t. Sondaica) sudah lama hilang dari habitatnya. Harimau Bali telah dinyatakan punah sejak tahun 1940-an, sedangkan Harimau Jawa sudah tak terlihat lagi sejak tahun 1980-an. Pada akhir tahun 1970an, diyakini populasi Harimau Sumatera berkisar sekitar 1.000 inidividu, kemudian menurun menjadi sekitar 400-500an ekor pada awal 1990-an. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Tahun 2007, saat ini estimasi populasi harimau di delapan kawasan yang telah diidentifikasi dari 18 kawasan yang ada hanya tersisa sekitar 250-an ekor saja. Sementara di 10 kawasan lainnya belum dapat diestimasi jumlahnya. Namun para ahli harimau yakin populasinya di Sumatra tidak lebih dari estimasi pada tahun 1990-an tersebut.

1. Berdasarkan grafik diatas, hitunglah berapa persen rata-rata penurunan jumlah Harimau Sumatera sejak tahun 1970 hingga 2010?

Jawaban: Jumlah populasi Harimau Sumatra tersisa 7 persen di masing-masing habitat.

BERITA TERKAIT

2. Apa faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah Harimau Sumatera?

Jawaban:

Faktor yang menyebabkan penurunan jumlah Harimau Sumatra di antaranya yakni berkurangnya habitat, perburuan, perdagangan ilegal, menurunnya satwa mangsa.

3. Apa upaya yang paling tepat untuk mengatasi penurunan jumlah Harimau Sumatera?

Baca juga: Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 99 Kurikulum Merdeka, Ayo Berpikir Kreatif Bab 2

Jawaban:

Upaya yang paling tepat untuk mengatasi penurunan jumlah Harimau Sumatera yaitu dengan melestarikan habitat Harimau Sumatra.

Selain itu, upaya yang bisa dilakukan adalah menindak pelaku perburuan liar dan melakukan penangkaran Harimau Sumatra.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas