Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka, Aktivitas 9

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 SMP/MTs halaman 49 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka, Aktivitas 9
Buku IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka. Carilah dua cerita rakyat dari berbagai daerah baik berupa legenda, mitos, maupun dongeng. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 SMP/MTs halaman 49 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Halaman tersebut, tercantum dalam Tema 1 yang berjudul Kehidupan Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar.

Pada halaman 49, siswa diminta untuk mengerjakan soal Aktivitas 9.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 9

Kerjakan aktivitas dengan mengikuti langkah-langkah berikut!

1. Carilah dua cerita rakyat dari berbagai daerah baik berupa legenda, mitos, maupun dongeng.

BERITA REKOMENDASI

2. Tuliskan kedua cerita rakyat tersebut.

Jawaban:

a) Malin Kundang

Suatu hari, hiduplah satu anak bernama Malin dan ibunya. Malin Kundang ingin sukses dengan cara merantau ke luar kota dan meminta izin ke orang tuanya untuk merantau agar menjadi orang sukses dan ibunya mengizinkan. Setelah bertahun-tahun kerinduan ibunya terhadap Malin, akhirnya Malin pulang namun dia tidak menganggap ibunya. Sehingga ibunya sedih dan mengutuk dirinya menjadi batu.

b) Danau Toba

Kisah tentang legenda Danau Toba ini bermula dari seorang pemuda yatim piatu bernama Toba. Suatu hari, ia memancing dan menangkap ikan emas berukuran besar. Sesampainya di rumah, tiba – tiba ikan yang ia bawa berubah menjadi seorang perempuan cantik dan berkata, “Tuan, aku adalah seseorang yang mendapat kutukan dari Dewa karena melanggar aturan. Aku akan berubah menjadi apa saja ketika ada orang yang menyentuhku. Tolong tuan, beri aku tempat tinggal”. Toba yang masih tercengang pun menyetujui permintaan tolong perempuan cantik itu. Mereka saling berkenalan dan akhirnya Toba pun jatuh cinta padanya. Toba pun menikahi perempuan cantik tersebut dan ia resmi menjadi istri Toba. Istri Toba pun akhirnya melahirkan. Istri Toba mengingatkan agar tidak pernah memanggil anaknya yang bernama Samosir sebagai anak ikan. Namun Toba melanggarnya. Istri Toba dan anaknya menghilang. Kemudian tanah yang dipijak oleh Toba menyemburkan air besar hingga membentuk suatu danau yang disebut Danau Toba.

3. Temukan nilai-nilai moral yang terkandung dalam kedua cerita, kemudian catat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas