Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban, Apa yang Dapat Saya Ceritakan Mengenai Salah SATU dari Nilai-nilai GP? untuk Guru Penggerak

Jawaban Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri?

Penulis: Sri Juliati
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Jawaban, Apa yang Dapat Saya Ceritakan Mengenai Salah SATU dari Nilai-nilai GP? untuk Guru Penggerak
Kolase Tribunnews.com/Canva
Contoh jawaban Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) untuk guru penggerak. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak jawaban: Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?

Pertanyaan itu muncul pada saat bapak/ibu guru saat mengerjakan tugas dalam Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.

Penjabaran mengenai salah satu nilai-nilai GP ditulis dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

Jika bapak/ibu calon guru penggerak (CGP) mengalami kesulitan, dapat menggunakan artikel di bawah ini sebagai referensi dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaan: Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik? Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

Jawaban: Ada dua nilai dari GP yang dapat saya ceritakan dan membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik yaitu mandiri dan reflektif.

Mandiri: Mampu memunculkan motivasi dalam diri sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan maupun untuk diri sendiri.

Reflektif: Melakukan refleksi dan introspeksi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Mendengar saran dan kritik dari siswa, sesama guru, kepala sekolah, dan pengawas.

BERITA TERKAIT

Juga mengutamakan perkembangan siswa sebagai acuan utama, menghadirkan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, menghadirkan pembelajaran di mana siswa membangun sendiri pengetahuannya.

Alternatif jawaban: Yang dapat saya ceritakan mengenai salah satu dari nilai-nilai GP yang membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik di antaranya:

- Mandiri: saya mempunyai inisiatif sendiri untuk mengikuti berbagai pelatihan, workshop peningkatan kompetensi guru dan implementasi Kurikulum Merdeka dan kegiatan lain yang positif yang mendukung pekerjaan saya.

- Kolaboratif: sebagai makhluk sosial, saya tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Berkolaborasi dengan berbagai pihak akan menyukseskan program yang telah disiapkan.

Baca juga: Jawaban, Apa Konsekuensi Logis dari Diagram Identitas Gunung Es pada Peran sebagai Guru Penggerak

- Inovatif: Saya mampu menerapkan berbagai metode dan media pembelajaran dalam mentransfer ilmu kepada siswa.

- Reflektif: Sebagai seorang guru, nilai reflektif harus dimiliki. Saya mampu belajar dari pengalaman sebelumnya agar lebih baik di masa mendatang.

- Berpihak pada murid: Murid diberikan kebebasan dalam belajar. Sementara saya bertindak sebagai pamong yang akan mengarahkan murid agar tidak salah langkah dalam melakukan kebebasan belajarnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas