Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi. Tiga penjelasan pokok pada laporan hasil observasi berjudul "Belalang Anggrek". 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Halaman tersebut, tercantum dalam Bab 1 yang berjudul "Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif".

Pada halaman 8, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Kegiatan 2.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Kegiatan 2

Selain dari sifat informasi yang disampaikan, laporan hasil observasi juga memiliki ciri khas pada struktur teksnya. Untuk lebih memahami struktur teks laporan hasil observasi, analisislah laporan hasil observasi berjudul “Belalang Anggrek” di atas. Jika kalian cermati, pembaca laporan membagi laporannya ke dalam tiga penjelasan pokok. Apa saja ketiga penjelasan pokok tersebut?

Jawaban:

1. Pernyataan umum atau klasifikasi

BERITA TERKAIT

Bukti informasi: Belalang anggrek atau Hymenopus coronatus adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Seperti namanya, belalang ini memiliki bentuk dan warna yang
menyerupai bunga anggrek.

2. Deskripsi bagian

Bukti informasi: Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen. Pada bagian kepala terdapat mata majemuk, mulut, dan dua buah antena seperti benang. Seperti jenis belalang sentadu lainnya, kepala belalang anggrek bisa berputar 360°. Pada bagian toraks terdapat tiga pasang kaki. Kaki depan belalang anggrek yang panjang dan kuat dilengkapi dengan duri dan capit. Belalang anggrek memiliki dua pasang sayap yang menutupi bagian abdomennya. Sayap depan berfungsi untuk melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.

3. Deskripsi manfaat atau kesimpulan

Bukti informasi: Belalang anggrek berguna bagi manusia untuk membasmi hama berupa serangga. Selain itu, karena keindahannya, belalang anggrek juga dijadikan peliharaan.

Disclaimer:

Artikel ini hanya ditujukan untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas