Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Saja Kegiatan, Materi, Manfaat, yang Bapak dan Ibu Harapkan Ada dalam Modul Ini? Modul 3.2

Jawaban dari soal Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini? Guru Penggerak.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Apa Saja Kegiatan, Materi, Manfaat, yang Bapak dan Ibu Harapkan Ada dalam Modul Ini? Modul 3.2
IG @ditjen.gtk.kemdikbud
Ilustrasi Guru Penggerak - Jawaban dari soal Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini? Guru Penggerak. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak inilah jawaban Mulai dari Diri Modul 3.2, "Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?".

Soal ini muncul di Modul 3.2, Mulai dari Diri dalam Program Pendidikan Guru Penggerak.

Ada banyak rangkaian kegiatan ketika mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak, satu di antaranya yakni menyelesaikan modul ajar yang diberikan.

Nantinya, Calon Guru Penggerak (CGP) diminta untuk menganalisa sumber daya yang dimiliki sekolah atau apa yang dapat dimanfaatkan di sekolah.

Selengkapnya, inilah jawaban Mulai dari Diri Modul 3.2 yang dapat dijadikan refrensi.

Mulai dari Diri Modul 3.2

Oleh: Sabrina Siqtaliya, S.Pd (CGP Angkatan 8 Kab. Klaten)

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Jawaban:

  1. Kegiatan yang dilakukan adalah memaksimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai kekuatan dan aset.
  2. Dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
  3. Memfasilitasi keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pengembangan sekolah dan kualitas pembelajaran yang berdampak pada prestasi belajar siswa yang meningkat.

Baca juga: Jelaskanlah Apa yang Dimaksud dengan Pembelajaran Berdiferensiasi! Jawaban Modul 2.1 Guru Penggerak

BERITA TERKAIT

Selain itu, berikut jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Mulai dari Diri Modul 3.2 lainnya, sebagai berikut:

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah. Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Jawaban:

Guru yang mampu memberikan pengaruh serta menciptakan hubungan harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan tenaga kependidikan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Saat ini, saya mempunyai peran sebagai wali kelas, dimana saya mempunyai tanggung jawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya. Senantiasa mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid dengan memanfaatkan segala lingkungan biotik dan abiotik yang terdapat pada ekosistem sekolah. Contohnya di sekolah terdapat halaman yang luas dan rindang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Jawaban:

Secara garis besar ekosistem di sekolah terdiri dari dua yang berupa mahluk hidup: guru,siswa dan karyawan. yang berupa benda mati: gedung,ruang kelas, lapangan, kursi,laboratorium, komputer.

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Jawaban:

  1. SDM yang melimpah, karena di sekolah kami ada kurang lebih 70 guru, 15 staf karyawan, 756 siswa.
  2. Budaya sekolah yang dijalankan : budaya literasi 15 menit sebelum pembelajaran jam pertama dimulai, budaya masuk sekolah pukul 06.45 wib, budaya santun berkendara degan mematikan mesin motor di memasuki lingkungan sekolah, budaya 5S (Senyum, sapa, salam, sopan dan santun), budaya memilah sampah sebagai bagian dari sekolah adiwiyata.
  3. Tiga sarana dan prasarana yang memadai dari ruang kelas, dapur untuk pratik mapel PKWU, lapangan (tenis, basket, volly, pentaque, lapangan utama). Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Baca juga: Sebagai Guru, Apa yang Dapat Kita Lakukan untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Murid? Modul 2.3

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Jawaban:

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas