Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Kurikulum Merdeka: Ayo Kita Latihan

Berikut ini kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 13 Kurikulum Merdeka. Di halaman ini, siswa harus mengerjakan soal di Ayo Kita Latihan.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Salma Fenty
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Kurikulum Merdeka: Ayo Kita Latihan
Buku IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Simak berikut ini adalah kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 13 Kurikulum Merdeka. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban mata pelajaran IPA kelas 7 halaman 13 Kurikulum Merdeka dapat disimak di dalam artikel berikut ini.

Di halaman 13 buku IPA kelas 7 Kurikulum Merdeka, siswa akan dihadapkan dengan soal Ayo Kita Latihan.

Nantinya, siswa diharuskan menjawab empat soal di Ayo Kita Latihan buku IPA kelas 7 halaman 13 Kurikulum Merdeka.

Berikut kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 13 Kurikulum Merdeka:

Ayo Kita Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku?

Jawaban: Pengukuran adalah proses menentukan ukuran atau nilai dari suatu besaran fisik dengan membandingkannya terhadap standar yang telah ditetapkan.

Ini melibatkan penggunaan alat ukur dan sering kali melibatkan proses perhitungan untuk mendapatkan nilai kuantitatif dari besaran yang diukur.

BERITA TERKAIT

Lantas, mengapa satuan pengukuran baku harus dipergunakan?

  • Konsistensi dan Standarisasi: Satuan baku memastikan bahwa pengukuran yang dilakukan di berbagai tempat dan waktu dapat dibandingkan secara langsung. Ini penting untuk komunikasi ilmiah dan teknis yang efektif serta untuk perbandingan hasil yang akurat.
  • Akurasi dan Reproduksibilitas: Dengan satuan baku, hasil pengukuran menjadi lebih akurat dan dapat direproduksi. Ini berarti bahwa jika seseorang mengukur suatu besaran menggunakan satuan baku, hasilnya akan konsisten dengan hasil pengukuran yang dilakukan oleh orang lain atau di waktu yang berbeda.
  • Standar Internasional: Satuan baku sering kali didasarkan pada standar internasional yang telah disepakati secara global, seperti meter, kilogram, dan detik dalam Sistem Internasional (SI). Ini memungkinkan kerja sama internasional dan pertukaran informasi yang efisien di berbagai bidang.
  • Memudahkan Komunikasi: Dengan adanya satuan baku, komunikasi tentang ukuran dan data menjadi lebih mudah dan tidak membingungkan. Ini penting dalam semua bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri.
  • Penerapan dan Regulasi: Dalam banyak bidang, seperti industri, perdagangan, dan penelitian, penggunaan satuan baku adalah suatu keharusan untuk mematuhi regulasi dan standar yang berlaku. Ini membantu memastikan kualitas dan keamanan produk serta keandalan data penelitian.

2. Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik).

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 12 13 Kurikulum Merdeka: Bandingkanlah

Jawaban:

Berikut adalah beberapa contoh besaran yang satuannya diukur dalam detik:

  • Durasi Waktu: Ini adalah contoh paling umum dari penggunaan detik. Misalnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu kegiatan, seperti waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan makanan atau waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu putaran dalam perlombaan.
  • Periode Gelombang: Dalam fisika, periode gelombang adalah waktu yang diperlukan untuk satu siklus lengkap gelombang. Misalnya, periode gelombang radio atau gelombang cahaya diukur dalam detik.
  • Interval Waktu dalam Olahraga: Waktu yang dicatat dalam perlombaan atau kompetisi olahraga. Contoh, waktu tempuh seorang pelari dalam lomba lari 100 meter atau waktu yang dibutuhkan dalam lomba renang.
  • Waktu Komputasi: Dalam ilmu komputer, detik sering digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses atau tugas tertentu oleh sebuah komputer atau perangkat lunak. Misalnya, waktu eksekusi program atau respons sistem.
  • Waktu Pendek dalam Eksperimen: Dalam eksperimen ilmiah, waktu sering diukur dalam detik, terutama ketika mengamati perubahan yang terjadi dalam rentang waktu singkat, seperti waktu reaksi kimia atau waktu yang dibutuhkan untuk perubahan fisika tertentu.
  • Frekuensi: Frekuensi adalah kebalikan dari periode, dan satuan frekuensi dalam SI adalah Hertz (Hz), yang didefinisikan sebagai satu siklus per detik. Contohnya adalah frekuensi sinyal radio yang diukur dalam Hertz, seperti 100 MHz (megahertz), yang berarti 100 juta siklus per detik.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 230 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

3. Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer?

Jawaban:

Diketahui: 1 SA = 150.000.000 km

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas