Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

25 Contoh Soal ANBK Kelas 8 SMP 2024 Materi Literasi dan Kunci Jawaban

Simak 25 contoh soal ANBK Kelas 8 SMP 2024 untuk materi Literasi dan kunci jawaban. ANBK SMP dilakukan pada 9-12 September 2024.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in 25 Contoh Soal ANBK Kelas 8 SMP 2024 Materi Literasi dan Kunci Jawaban
Instagram @pusmendik
Berikut ini 25 contoh soal ANBK Kelas 8 SMP 2024 untuk materi Literasi dan kunci jawaban. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini contoh soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kelas 8 SMP tahun 2024 literasi.

Pelaksanaan ANBK SMP dan yang sederajat dilakukan pada 9-12 September 2024.

Siswa kelas 8 SMP yang terpilih untuk mengikuti ANBK tahun 2024 akan menjawab sejumlah soal sesuai kurikulum yang dipelajari.

Simak contoh soal literasi di bawah ini.

Literasi

Bacalah bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1, 2, 3!

Wayang Ental: Wayang Kontemporer yang Terinspirasi Wayang Jepang

Wayang dikenal sebagai salah satu kebudayaan khas Indonesia yang telah eksis sejak beberapa abad lalu. Setiap daerah bahkan memiliki jenis wayang yang berbeda-beda, seperti wayang kulit dari Yogyakarta, wayang golek dari Jawa Barat, hingga wayang orang dari Jawa Tengah. Namun, dari beberapa jenis wayang di Indonesia, muncul satu wayang kontemporer baru yang cukup unik dari Bali yaitu wayang ental. Bisa dibilang wayang ental merupakan inovasi terbaru dalam dunia pewayangan. Dari segi pembuatan, wayang ental berbeda dari wayang pada umumnya, yakni terbuat dari daun lontar. Sedangkan dari segi bentuk, wayang ental memiliki bentuk tiga dimensi dan memiliki jenis pagelaran tersendiri.

BERITA TERKAIT

Wayang ental didesain khusus menampilkan badan wayang secara utuh, mulai tangan, kaki, hingga kepala yang semuanya dapat digerakkan. Sangat berbeda dengan wayang pada umumnya yang hanya menampilkan bayangan. Selain bentuknya tiga dimensi, wayang ental juga dibuat berukuran jauh lebih tinggi dibandingkan wayang pada umumnya. Biasanya wayang ental memiliki tinggi 1 meter dengan lebar 30 cm. Salah satu keunikan dari wayang ental terdapat pada ekspresi wajah dari setiap tokoh pewayangan.

Wayang ental lahir dari pemikiran kreatif I Gusti Made Dharma Putra pada 2016. Wayang ental pertama kali dibuat dalam rangka tugas akhir kelulusannya di Institut Seni Indonesia Bali. Awal pembuatannya, wayang ental tidak langsung berbentuk tiga dimensi, namun dua dimensi. Barulah pada 2018 wayang ental berubah bentuk menjadi tiga dimensi. I Gusti Made Dharma Putra mengaku bahwa pembuatan wayang ental terinspirasi dari teknik permainan bunraku (sandiwara boneka tradisional) dari Jepang. Kemudian teknik tersebut dikombinasikan dengan gaya wayang tradisional Bali, tetikesan (bagaimana seorang dalang dapat menggerakkan wayang, agar sesuai dengan karakter masing-masing tokoh wayang).

Secara desain, wayang ental dibuat dengan menyerupai manusia, yang menggabungkan teknik ulatan sumpe (ulatan yang dirajut sambung menyambung digunakan sebagai dasar) dan ulatan Jepang dalam pembuatannya. Ulatan adalah ekspresi wajah yang digunakan dalam membentuk wayang. Selain itu, perbedaan antara bunraku dan wayang ental terletak pada bahan bakunya. Jika bunraku menggunakan tiga helai daun lontar, wayang ental hanya menggunakan dua helai saja. Keunikan dari wayang ental terdapat pada ekspresi wajah dari setiap tokoh pewayangan.

1. Apa yang menginspirasi I Gusti Made Dharma Putra membuat wayang ental?

A. Teknik ulatan sumpe dan ulatan Jepang.
B. Bunraku dari tiga helai daun lontar.
C. Teknik permainan bunraku dari Jepang.
D. Keunikan pada ekspresi wajah tokoh pewayangan.

Jawaban: C

2. Jika kamu akan menelusuri informasi menarik tentang keunikan wayang ental, apa kata kunci yang tepat untuk memulai pencarian tentang informasi tersebut di internet?

Halaman
1234

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas