Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 82 Kurikulum Merdeka: Tip Sehat dan Bugar Masa Remaja

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs halaman 82 Kurikulum Merdeka edisi Revisi 2024: menjawab soal berdasarkan bacaan Tip Sehat dan Bugar

Penulis: Sri Juliati
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 82 Kurikulum Merdeka: Tip Sehat dan Bugar Masa Remaja
Buku Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs halaman 82 Kurikulum Merdeka edisi Revisi 2024: menjawab soal berdasarkan bacaan Tip Sehat dan Bugar Pada Masa Remaja. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs halaman 82 pada buku Kurikulum Merdeka edisi Revisi 2024.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 82 Kurikulum Merdeka untuk menjawab 6 soal berdasarkan bacaan Tip Sehat dan Bugar Pada Masa Remaja.

Soal yang muncul di antaranya Mengapa kalian harus memperhatikan makanan yang kalian makan?




Saat memasuki Bab 3 mapel Bahasa Indonesia, siswa kelas 7 SMP/MTs akan mempelajari materi tentang Hal yang Baik bagi Tubuh.

Berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs halaman 82 buku Kurikulum Merdeka edisi Revisi 2024.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 82

A. Mengidentiikasi Karakteristik Teks Prosedur

Kegiatan 1: Memahami Isi Teks Prosedur

Tip Sehat dan Bugar Pada Masa Remaja
Oleh: Eugenia Rakhma Subarna

Tahukah kalian bahwa total kebutuhan gizi pada masa remaja paling tinggi apabila dibandingkan dengan tahapan usia lainnya. Banyak perubahan yang terjadi pada masa remaja. Tubuh kalian bertumbuh pesat dan kalian pun mengeksplorasi lingkaran pertemanan yang lebih luas. Perubahan isik, mental, dan meluasnya lingkungan sosial ini mendorong kalian untuk beraktivitas dengan lebih sering. Pada masa ini kalian mendapatkan tanggung jawab sebagaimana orang dewasa, misalnya mengatur jadwal kalian sendiri, belajar secara mandiri, maupun aktif dalam organisasi remaja. Oleh karena itu, tak salah apabila orang mengatakan bahwa masa remaja merupakan masa transisi sebelum kalian menjadi dewasa seutuhnya.

BERITA TERKAIT

Kebutuhan energi dan gizi yang cukup dan seimbang akan mendukung tumbuh kembang kalian pada masa ini. Kalori dari makanan dan minuman akan memberikan energi dan gizi yang kalian butuhkan untuk berpikir, beraktivitas, dan bertumbuh dengan baik. Sebaiknya kalian mulai memperhatikan susunan menu makan kalian. Makanan yang kalian makan sebaiknya tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Perhatikan cara mengatur pola makan yang sehat bagi tubuh kalian berikut ini.

1. Makanlah makanan utama sebanyak tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari. Dalam makanan utama ini, sebaiknya selalu ada sayuran hijau daun, seperti bayam, kangkung, sawi, dan pakcoy.

2. Selain sayur, pastikan makanan utamamu mengandung lauk-pauk sumber protein hewani dan nabati. Kalian mendapatkan sumber protein hewani dari ayam, ikan, hati ayam, hati sapi, dan telur. Protein nabati kalian dapatkan dari tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

3. Kalian juga harus mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin, minimal sekali sehari. Pilihlah buah yang berwarna merah atau oranye, seperti pepaya, mangga, jeruk, apel, dan lain-lain.

4. Terakhir, konsumsilah produk olahan susu yang mengandung vitamin dan mineral minimal tiga kali dalam seminggu. Kalian dapat minum susu di antara waktu makan sebagai kudapan . Apabila lambungmu terasa kurang nyaman, gantilah susu dengan susu fermentasi seperti yoghurt atau keju.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 79 Kurikulum Merdeka: Hal yang Baik bagi Tubuh

Untuk mendapat hasil yang maksimal, batasi konsumsi makanan cepat saji, jajanan, dan makanan yang terlalu manis, asin, atau berlemak. Selain itu, jangan malas minum air putih. Usahakan tubuh kalian tetap terhidrasi dengan minum cairan delapan gelas sehari dan rutin melakukan aktivitas isik setidaknya 30 menit sehari. Tidak sulit, bukan? Salam sehat!

Setelah membaca bacaan di atas, lihatlah kembali tabel curah gagasan kalian. Adakah kegiatan yang belum kalian lakukan? Adakah makanan sehat yang sudah biasa kalian konsumsi? Kemudian, diskusikan pertanyaan ini dengan teman-teman dalam kelompok.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas