Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Amati Aktivitas 7.14

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Amati Aktivitas 7.14, Aktivitas Masyarakat Memanfaatkan Matahari.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Amati Aktivitas 7.14
Buku IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Soal buku IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi - Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Amati Aktivitas 7.14, Aktivitas Masyarakat Memanfaatkan Matahari. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Amati Aktivitas 7.14, Aktivitas Masyarakat Memanfaatkan Matahari.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, terdapat pada Buku Ilmu Pengetahuan Alama Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 2 untuk SMP/MTs, Bab 7 Bumi dan Tata Surya.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, soal Ayo Amati Aktivitas 7.14, Aktivitas Masyarakat Memanfaatkan Matahari.




Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Semester 2 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 224 225 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Ayo Amati Aktivitas 7.14

Aktivitas Masyarakat Memanfaatkan Matahari.

Perhatikan kegiatan masyarakat di sekitarmu!

BERITA TERKAIT

Bagaimana mereka menggunakan sinar Matahari untuk membantu kehidupannya seharihari? Buatlah laporan singkat mengenai kegiatan masyarakat di sekitar yang memanfaatkan matahari. Kamu dapat memilih salah satu dari tema berikut:

a. Aktivitas perekonomian yang memanfaatkan Matahari.

b. Aktivitas rumah tangga yang memanfaatkan Matahari.

c. Aktivitas budaya yang memanfaatkan Matahari.

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 216 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Prediksi Aktivitas 7.11

d. Aktivitas rekreasional/hiburan yang memanfaatkan Matahari.

Jangan lupa, laporan pengamatan disusun sesuai metode ilmiah yang telah kamu pelajari!

Kunci Jawaban:

Laporan Aktivitas Rumah Tangga yang Memanfaatkan Energi Matahari

Pendahuluan

Energi matahari merupakan sumber energi yang sangat melimpah dan ramah lingkungan. Dalam upaya mengurangi penggunaan energi fosil dan mendukung keberlanjutan lingkungan, banyak keluarga mulai menerapkan berbagai aktivitas rumah tangga yang memanfaatkan energi matahari. Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa contoh aktivitas tersebut dan potensi manfaatnya.

Pembahasan

1. Pemanasan Air:

  • Cara Kerja: Pemanas air tenaga surya menggunakan panel kolektor untuk menyerap panas matahari. Panas ini kemudian ditransfer ke tangki penyimpanan air, sehingga air menjadi hangat.
  • Manfaat: Mengurangi tagihan listrik, mengurangi emisi karbon, dan menyediakan air hangat untuk mandi, mencuci piring, dan keperluan rumah tangga lainnya.

2. Pengeringan Pakaian:

  • Cara Kerja: Pakaian yang sudah dicuci dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari akan menguapkan air dari pakaian sehingga menjadi kering.
  • Manfaat: Menghemat penggunaan energi listrik dari mesin pengering, mengurangi kerusakan serat pakaian akibat panas mesin pengering, dan memberikan aroma yang lebih segar pada pakaian.

3. Menanam Tanaman di Taman:

  • Cara Kerja: Menanam berbagai jenis tanaman di taman atau pot di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari akan membantu proses fotosintesis pada tanaman sehingga tanaman tumbuh subur.
  • Manfaat: Menghasilkan sayuran segar untuk konsumsi keluarga, mempercantik lingkungan sekitar rumah, dan membantu menyerap karbon dioksida dari udara.

4. Memanfaatkan Cahaya Matahari untuk Penerangan:

  • Cara Kerja: Membuka jendela dan pintu pada siang hari untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Penggunaan lampu alami ini dapat mengurangi penggunaan lampu listrik.
  • Manfaat: Menghemat penggunaan listrik, menciptakan suasana yang lebih alami dan sehat di dalam ruangan.

5. Memasak Menggunakan Tungku Matahari:

  • Cara Kerja: Tungku matahari memanfaatkan cermin untuk memfokuskan sinar matahari ke satu titik, menghasilkan panas yang cukup untuk memasak makanan.
  • Manfaat: Mengurangi penggunaan gas LPG, ramah lingkungan, dan cocok digunakan saat berkemah atau di daerah yang tidak memiliki akses listrik.

Kesimpulan

Aktivitas rumah tangga yang memanfaatkan energi matahari memiliki banyak manfaat, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

Saran

Untuk mendorong pemanfaatan energi matahari secara lebih luas, perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya energi terbarukan. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan insentif atau kebijakan yang mendukung penggunaan teknologi energi matahari di rumah tangga.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/ Muhammad Alvian Fakka)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas