Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 223 Kurikulum Merdeka: Bagaimana jika Masyarakat Tak Berinteraksi?

Simaklah kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 223 Kurikulum Merdeka berikut ini, yang memuat soal Pengayaan tentang interaksi.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 223 Kurikulum Merdeka: Bagaimana jika Masyarakat Tak Berinteraksi?
Buku IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka
Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 223 Kurikulum Merdeka. Berikut kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 223 Kurikulum Merdeka yang berisikan soal Pengayaan tentang interaksi manusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak inilah kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 223 Kurikulum Merdeka.

Buku IPS kelas 9 halaman 223 Kurikulum Merdeka memuat soal Pengayaan tentang interaksi manusia.

Siswa diminta untuk mendiskusikan bagaimana bila dari awal perkembangan hingga hari ini masyarakat tidak pernah berinteraksi atau berhubungan satu sama lain?




Soal Pengayaan ini berada di Tema 04 dengan judul Kerja Sama Dunia.

Berikut kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 223 Kurikulum Merdeka:

Pengayaan

Diskusikan dengan temanmu, bagaimana jika dari awal perkembangannya sampai hari ini masyarakat di berbagai wilayah tidak pernah saling berinteraksi atau berhubungan satu sama lain?

Jawaban:

BERITA TERKAIT

Jika masyarakat di berbagai wilayah tidak pernah saling berinteraksi atau berhubungan satu sama lain sejak awal perkembangannya hingga hari ini, maka dampak dan keadaan sosial, ekonomi, dan budaya akan sangat berbeda dibandingkan dengan dunia yang terhubung secara global.

Berikut adalah beberapa konsekuensi dan gambaran yang mungkin terjadi dalam situasi tersebut:

1. Keterbatasan Pengetahuan dan Inovasi

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 222 Kurikulum Merdeka: Jalur Sutera Modern

  • Pengetahuan Terbatas: Masyarakat di masing-masing wilayah akan memiliki pengetahuan, teknologi, dan budaya yang terbatas pada konteks lokal mereka sendiri. Inovasi dan penemuan yang terjadi di satu wilayah mungkin tidak tersebar ke wilayah lain.
  • Ketinggalan Teknologi: Tanpa interaksi atau pertukaran informasi, perkembangan teknologi akan terhambat. Setiap wilayah mungkin mengembangkan teknologi secara terpisah, dan tidak ada transfer teknologi yang dapat mempercepat kemajuan di seluruh dunia.

2. Kehidupan Sosial dan Budaya yang Terisolasi

  • Budaya yang Berbeda: Budaya di setiap wilayah akan berkembang secara unik tanpa adanya pengaruh atau pertukaran dari luar. Ini bisa mengakibatkan adanya budaya yang sangat berbeda satu sama lain, dengan sedikit atau tanpa pengaruh globalisasi.
  • Bahasa dan Tradisi: Bahasa dan tradisi mungkin akan berkembang secara berbeda di setiap wilayah, dan tidak ada pengaruh atau penggabungan dari bahasa dan tradisi lain.

3. Ekonomi dan Perdagangan

  • Keterbatasan Pasar: Tanpa interaksi atau perdagangan antar wilayah, ekonomi setiap daerah akan bergantung sepenuhnya pada sumber daya lokal. Ini dapat membatasi pertumbuhan ekonomi karena tidak ada pasar global untuk memperluas jangkauan produk dan layanan.
  • Tidak Ada Spesialisasi: Masing-masing wilayah harus memproduksi semua yang dibutuhkan sendiri, yang mengurangi efisiensi dan spesialisasi yang dapat diperoleh melalui perdagangan.

4. Politik dan Hubungan Internasional

  • Hubungan Diplomatik: Tanpa hubungan internasional, tidak akan ada sistem diplomatik atau kerjasama internasional. Konflik mungkin lebih sering terjadi tanpa adanya saluran komunikasi untuk menyelesaikan perselisihan secara damai.
  • Tidak Ada Organisasi Internasional: Organisasi internasional yang biasanya membantu mengatur hubungan antar negara dan menyelesaikan masalah global tidak akan ada, sehingga kemungkinan konflik dan ketidakstabilan lebih tinggi.

5. Kesehatan dan Kesejahteraan

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 216 Kurikulum Merdeka Lembar Aktivitas 3, Think, Pair, Share

  • Penanganan Penyakit Terbatas: Penyakit dan wabah mungkin lebih sulit dikendalikan karena tidak ada pertukaran pengetahuan dan teknologi medis antara wilayah. Penyebaran penyakit mungkin lebih cepat tanpa adanya koordinasi global.
  • Akses ke Perawatan Kesehatan: Wilayah yang tidak berinteraksi tidak akan mendapatkan manfaat dari kemajuan medis atau perawatan kesehatan yang ada di tempat lain.

Secara keseluruhan, tanpa adanya interaksi atau hubungan antara berbagai wilayah, dunia akan menjadi tempat yang sangat terisolasi dan terpecah-pecah.

Perkembangan manusia dalam hal pengetahuan, teknologi, budaya, ekonomi, dan politik akan sangat terhambat, dan dunia tidak akan mengalami kemajuan dan integrasi yang kita lihat hari ini.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan siswa dalam mengerjakan soal.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kesalahan dalam jawaban di atas.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas