Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik di Ruang Kelas? PMM

Jawaban PMM: Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Penulis: Sri Juliati
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Jawaban Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik di Ruang Kelas? PMM
Kolase Tribunnews.com/Canva
Jawaban, Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? saat mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja Guru di PMM 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah jawaban dari pertanyaan: Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? 

Pertanyaan ini muncul saat bapak/ibu guru hendak mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Dalam Formulir Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, ada beberapa pertanyaan yang wajib dijawab guru baik di Pilihan Belajar maupun Pilihan Belajar dari PMM.

Bapak/ibu guru diminta menjabarkan apa saja perubahan praktik di ruang kelas atau sekolah yang telah dilakukan berdasarkan inspirasi yang didapatkan, dengan panjang kalimat maksimal 500 karakter.

Bapak/ibu guru dapat menggunakan jawaban yang dirangkum Tribunnews.com dalam artikel ini sebagai referensi dalam menjawab pertanyaan di atas.

Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

Formulir Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas 

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? 

Contoh Jawaban: Saya ingin siswa melakukan disiplin positif bukan dari unsur paksaan atau karena ingin mendapatkan pujian dan hadiah. Melainkan murni dari dalam pola pikir dan perasaan dirinya ingin melakukannya, tanpa kendali dari luar. 

Caranya, saya dapat mengajak/mendorong murid melakukan kegiatan yang membuat mereka senang, membantu murid untuk menemukan inspirasinya. Termasuk membuka ruang dialog dengan murid dan menghilangkan sikap otoriter sebagai guru, dan menjadi guru yang tidak langsung memberikan hukuman.

BERITA REKOMENDASI

Alternatif Jawaban: Berikut beberapa perubahan praktik yang telah saya lakukan di ruang kelas/satuan pendidikan berdasarkan inspirasi yang saya dapatkan:

  • Saya menyediakan waktu bagi peserta didik untuk merefleksikan proses belajar mereka.
  • Saya menggunakan berbagai cara untuk memberikan umpan balik, seperti lisan, tertulis, maupun melalui teknologi.
  • Saya memberikan pilihan aktivitas dan tugas belajar yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

Alternatif Jawaban: 

  • Saya berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan dan bantuan belajar kepada semua peserta didik.
  • Saya merumuskan pertanyaan terbuka yang kontekstual untuk menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis.

Alternatif Jawaban:  Saya telah mulai menerapkannya secara perlahan dengan mempertimbangkan segala hal terkait di dalam prosesnya.

Alternatif Jawaban: 

  • Saya menyediakan media pembelajaran yang dapat memantik minat belajar sehingga dapat menstimulus siswa dalam berpikir kritis serta interaksi siswa dapat terjalin sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Saya senantiasa berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan dan bantuan belajar kepada semua peserta didik yang membutuhkan bantuan belajar.

Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? 

Contoh Jawaban: 

  • Saya meluangkan waktu untuk berbicara dengan setiap peserta didik untuk mengenal mereka lebih baik, memahami minta mereka, dan membangun hubungan yang positif.
  • Saya menerapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten dengan peserta didik dan membantu mereka memahami mengapa aturan tersebut penting.
  • Saya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mandiri dengan memberikan mereka proyek dan tugas yang dapat mereka kerjakan secara mandiri.

Alternatif Jawaban: 

Saya memahami bahwa kolaborasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran adalah kunci untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas