Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 190 Kurikulum Merdeka

Simak soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 5 halaman 190 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 190 Kurikulum Merdeka
Buku Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka
Bab 8 Buku Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Simak soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 5 halaman 190 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 5 halaman 190 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Bab 8 dimulai dari halaman 171-198, dengan topik pembelajaran Bergerak Bersama.

Tujuan Pembelajaran dalam bab ini adalah siswa menjadi pribadi yang berempati, tidak memaksakan kehendak, dan antiperundungan serta kekerasan.

Peserta didik juga diharapkan belajar tentang cara memberikan saran dan pendapat, menyusun dan membacakan naskah pidato, serta membuat kampanye antiperundungan.

Unsur kebahasaan yang akan peserta didik pelajari pada bab ini adalah awalan ter, kata hubung, kalimat saran atau tanggapan, pantun (nasihat), menulis naskah pidato, membaca pidato.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 190 Kurikulum Merdeka

Jurnal Membaca

Saatnya menulis jurnal. Buku apakah yang sedang kalian baca saat ini? Apakah kisah yang dialami oleh tokoh pada cerita? Apakah kalian dapat melihat persamaan dari unsur cerita dengan apa yang kalian alami dalam kehidupan kalian?

Berikut ini adalah satu contoh jurnal yang dapat kalian tiru.

BERITA REKOMENDASI

Jurnal Membaca

Judul: Impian Rara
Penulis: Desi Rusnita
Ilustrator: Rio Ariyanto
Penerbit /Sumber bacaan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Tanggal membaca
Rating : ☆☆☆☆☆

Ringkasan kisah yang kubaca: Buku ini berkisah tentang kehidupan seorang anak perempuan bernama Rara. Rara adalah anak sulung dari keluarga sederhana yang tinggal di sebuah kota di Bengkulu. Rara adalah anak yang rajin belajar dan pintar. Meskipun keluarganya sering kesulitan keuangan karena ayahnya hanya buruh lepas dan pengumpul barang bekas, Rara selalu bersemangat belajar agar nanti menjadi orang sukses dan dapat membantu keluarganya.

Keterangan lain: Kisah ini memiliki kesamaan dengan diriku dalam hal aku adalah anak sulung di keluarga. Ayahku seorang buruh tani yang bekerja di sawah orang. Kalau sedang tidak musim panen, ayah akan bekerja sebagai buruh di kota. Seperti Rara, aku juga membantu ibuku berjualan kue. Kue yang aku jual adalah kue khas daerah kami. Aku juga bersemangat belajar karena cita-citaku adalah menjadi dokter.

Buku ini kubaca secara daring pada tautan: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Impian Rara-Desi Rusnita-Final.pdf

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 57 Kurikulum Merdeka: Kata Berimbuhan me- dan Makna

Jawaban

Judul: Laskar Pelangi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas