Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Perilaku Guru dan Respons Murid yang Mendukung Penilaian Anda? Jawaban Kepala Sekolah di PMM

Jawaban apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda di PMM, catatan penilaian kepala sekolah terhadap guru saat observasi kelas.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Apa Perilaku Guru dan Respons Murid yang Mendukung Penilaian Anda? Jawaban Kepala Sekolah di PMM
Kolase Tribunnews
Soal PMM 2024 - Jawaban apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda di PMM, catatan penilaian kepala sekolah terhadap guru saat observasi kelas. 

TRIBUNNEWS.COM - Jawaban apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda di PMM.

Berikut contoh catatan penilaian kepala sekolah terhadap guru saat observasi kelas di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Artikel ini akan membantu kepala sekolah menjawab pertanyaan apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda di PMM.

Pertanyaan tersebut terdapat dalam Penilaian Refleksi Tindak Lanjut oleh Kepala Sekolah di Rubrik Observasi.

Berikut kunci jawaban apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda di PMM, yang dapat menjadi referensi pengisian.

Apa perilaku guru dan respons murid yang mendukung penilaian anda?

Kunci Jawaban:

Pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru telah berhasil mencapai tujuannya dengan efektif.

BERITA REKOMENDASI

Ini terlihat dari implementasi berbagai instrumen pembelajaran dan respons positif yang ditunjukkan oleh peserta didik terhadap proses pembelajaran tersebut.

Berikut adalah beberapa perilaku guru dan respons murid yang dapat mendukung proses penilaian yang efektif dalam pembelajaran:

1. Perilaku Guru:

  •    Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif

Guru yang memberikan umpan balik jelas, spesifik, dan konstruktif membantu murid memahami kelebihan dan kekurangan mereka. Umpan balik ini membantu murid memperbaiki kesalahan dan mengembangkan kemampuan lebih baik.

  •     Menggunakan Berbagai Metode Penilaian

Dengan variasi metode seperti tes tulis, penugasan, observasi, dan diskusi, guru dapat menilai kemampuan murid secara holistik. Ini juga membantu murid merasa lebih nyaman dalam menunjukkan kompetensinya.

Baca juga: PMM, Mengapa Guru Perlu Membaca Capaian Pembelajaran Sebelum Melaksanakan Pembelajaran? 

  •    Menciptakan Suasana Penilaian yang Mendukung

Guru yang menciptakan suasana kelas yang positif, bebas tekanan, dan menghargai usaha murid membuat proses penilaian menjadi pengalaman yang mendidik, bukan menakutkan. Murid jadi lebih terbuka untuk menunjukkan kemampuan mereka.

  •     Memberikan Penjelasan tentang Kriteria Penilaian

Ketika guru menjelaskan kriteria penilaian di awal, murid memahami standar yang harus mereka capai dan merasa lebih siap. Ini juga mendorong transparansi dalam penilaian.

  •     Melibatkan Murid dalam Penilaian Diri

Guru yang memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan penilaian diri (self-assessment) membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap proses belajar. Ini juga melatih murid untuk jujur pada diri sendiri dan mengembangkan refleksi diri.

2. Respons Murid:

  •     Meminta Umpan Balik
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas