Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB

Berikut ini kunci jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB.

Penulis: Rinanda DwiYuliawati
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB
Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka
Berikut ini kunci jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak kunci jawaban Informatika kelas 11 halaman 94 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Mata pelajaran Informatika kali ini membahas Bab 2:  Strategi Algoritmik dan Pemrograman. 

Kunci jawaban Informatika Kelas 11 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.  

Kunci jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 94

Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka
Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka

Baca juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 12 Halaman 76 Kurikulum Merdeka Bab 3: Aktivitas 3.2

Bab 2 Tentang Informatika Strategi Algoritmik dan Pemrograman : Mengimplementasikan dan 
Menguji Program Solusi Knapsack 

Pada bagian ini, setiap kelompok akan membuat program yang menyelesaikan permasalahan rational knapsack. Program yang dibuat memiliki spesifikasi (ketentuan) sebagai berikut: 
 
1. Program membaca masukan berupa representasi pengkodean kasus sebagaimana dijelaskan di atas. 

2. Kemudian program tersebut menjalankan strategi penyelesaian program sebagaimana telah dirancang pada pseudocode pada bagian sebelumnya.

3. Program kemudian menghasilkan keluaran berupa sebuah angka yang menunjukkan berapa nilai total terbesar yang dapat dicapai (nilai optimal) untuk kasus yang diberikan pada masukan.

BERITA REKOMENDASI

Kunci Jawaban

Perlu diketahui bahwa agar peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan ini, mereka perlu mengenal bagaimana melakukan pengurutan data secara sederhana dengan C++. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi sort ( ) yang telah disediakan oleh C++.

Program contoh yang diberikan dapat dipakai oleh peserta didik sebagai teladan untuk mempelajari bagaimana menggunakan fungsi sort ( ) paa vector. Peserta didik dapat mengubah-ubah kode program untuk mempelajari lebih lanjut mengenai ini, misalnya bagaimana untuk mengubah urutan dari naik (ascending) menjadi menurun (descending).

Perlu ditekankan disini, bahwa tujuan dari latihan ini bukan untuk mempelajari algoritma pengurutan (sorting) dan bagaimana algoritma sorting diimplementasikan di dalam bahasa C/C++, namun cukup sekedar untuk mengetahui bagaimana menggunakannya dalam konteks implementasi solusi permasalahan rational knapsack.

Implementasi Program


Program yang menyelesaikan permasalahan rational knapsack dengan  teknik greedy dapat diimplementasikan sebagai berikut:

Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka 4646436
Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka
Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka 235235235353325423
Buku Informatika Kelas 11 Halaman 94 Kurikulum Merdeka

Perlu dipahami dan diingat bahwa kode program jawaban yang benar dari peserta didik bisa jadi berbeda dan tidak sama persis dengan kode program di atas. Yang penting adalah bahwa program tersebut menghasilkan keluaran yang benar ketika diberikan sebuah kasus uji. Hal ini yang harus dipastikan pada bagian pengujian program.

Pengujian Program

Pada bagian ini, peserta didik bekerja berpasangan untuk menghasilkan beberapa (misal: 10) kasus uji untuk permasalahan rational knapsack. Masing-masing kasus uji berisi satu buah pasang masukan dan keluaran. Untuk memeriksa dan menentukan apakah setiap kasus uji benar atau tidak, guru dapat melakukan dua langkah sebagai berikut:

1. Memastikan bahwa masukan yang diberikan adalah valid dan sesuai dengan skema pengkodean pada Aktivitas PLB sesuai tabel pengujian 2.23 pada Buku Siswa.

2. Memastikan bahwa keluaran yang diberikan sesuai dengan yang diha- rapkan. Hal ini dapat diperiksa dengan menjalankan program pada kunci jawaban Implementasi Program di atas dengan memberikan masukan dari kasus uji tersebut, dan memeriksa apakah keluaran pada kasus uji sesuai dengan keluaran dari program.

Disclaimer:

  • Kunci jawaban Informatika di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
  • Sebelum melihat kunci jawaban, pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

(Tribunnews.com/Rinanda) 

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas