Kunci Jawaban Informatika Kelas 12 Halaman 86 Kurikulum Merdeka Bab 3: Refleksi
Berikut ini kunci jawaban Informatika Kelas 12 Halaman 86 Kurikulum Merdeka Bab 3: Refleksi.
Penulis: Rinanda DwiYuliawati
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
TRIBUNNEWS.COM - Simak kunci jawaban Informatika kelas 12 halaman 86 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.
Mata pelajaran Informatika kali ini membahas Bab 3: Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemograman.
Kunci jawaban Informatika Kelas 12 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.
Kunci jawaban Informatika Kelas 12 Halaman 86
Baca juga: Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 91 Kurikulum Merdeka, Aktivitas 2: Jenis Perangkat Lunak
Bab 3 Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemograman : Refleksi
Setelah melakukan pembelajaran mengenai Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemrograman, tuliskan hal ini pada pada buku kerja kalian :
1. Apa yang kalian pelajari pada bab ini?
2. Kesulitan apa yang kalian hadapi saat melakukan pembelajaran pada bab ini?
3. Hal baru apa yang kalian ketahui dari pembelajaran pada bab ini?
4. Apa yang menyenangkan dari pembelajaran pada bab ini?
5. Apa yang dapat ditingkatkan dari pembelajaran pada bab ini?
Kunci Jawaban
1.Pada bab ini, kami mempelajari tentang dasar-dasar Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemrograman.
Kami belajar bagaimana memecah masalah menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah diselesaikan, mengenali pola dalam data, dan menggunakan konsep abstraksi untuk fokus pada elemen yang penting dalam pemrograman.
Selain itu, kami mempelajari cara mendesain algoritma, yaitu serangkaian langkah logis untuk menyelesaikan masalah tertentu, serta mengimplementasikan algoritma ini dalam kode menggunakan bahasa pemrograman.
2.Tekanan darah tinggi, arteri tersumbat dan penyakit jantung menyebabkan kematian dini
Salah satu kesulitan utama yang kami hadapi adalah memahami logika perulangan dan kondisi, terutama saat mencoba menggabungkan berbagai konsep seperti array, perulangan, dan fungsi dalam satu program.
Selain itu, terkadang sulit untuk memahami bagaimana cara mengoptimalkan kode agar lebih efisien dan tidak redundan.
Kami juga menghadapi tantangan dalam menerapkan konsep abstraksi, di mana kami harus memilih informasi mana yang relevan dan mana yang dapat diabaikan.
3.Hal baru yang kami pelajari adalah penggunaan algoritma secara lebih sistematis dan bagaimana konsep berpikir komputasional membantu dalam membuat kode yang lebih efisien dan terstruktur.
Kami juga baru mengenal beberapa konsep penting seperti rekursi, di mana sebuah fungsi memanggil dirinya sendiri, serta teknik pengelolaan data seperti pengurutan dan pencarian dalam array. Pemahaman ini membantu kami mengerjakan proyek pemrograman dengan lebih baik.
4.Yang menyenangkan dari pembelajaran ini adalah proses eksplorasi dan pemecahan masalah. Menemukan solusi dari sebuah masalah yang awalnya terlihat rumit dengan menggunakan algoritma yang tepat memberikan kepuasan tersendiri.
Selain itu, bekerja dalam tim juga menyenangkan karena kami bisa saling bertukar ide dan belajar dari satu sama lain.
Melihat program berjalan dengan baik setelah melakukan debugging dan mengimplementasikan algoritma yang benar juga menjadi pengalaman yang sangat memuaskan.
5.Pembelajaran ini dapat ditingkatkan dengan lebih banyak contoh dan latihan interaktif yang berhubungan dengan masalah dunia nyata.
Selain itu, dukungan lebih lanjut dalam hal pemahaman konsep abstrak dan pengoptimalan kode juga bisa diberikan, mungkin melalui lebih banyak studi kasus atau proyek pemrograman.
Disclaimer:
- Kunci jawaban Informatika di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
- Sebelum melihat kunci jawaban, pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.
(Tribunnews.com/Rinanda)